@phdthesis{digilib73968, month = {July}, title = {UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SLTP AL-ISLAM KARTASURA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 93422602 Barakatun Nangimah}, year = {1999}, note = {Drs. Nizar Ali, M.Ag - Digitalisasi}, keywords = {belajar mengajar; Bahasa Arab; prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73968/}, abstract = {Bahasa Arab yang diajarkan merupakan bidang studi bahasa asing disamping bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah. Belajar bahasa asing khususnya bahasa Arab tentunya terdapat banyak kesulitan, baik dari segi linguistik mapupun non linguistic. Masalahnya sekarang adalah bagaimana meningkatkan kualitas bahasa Arab yang masih dianggap oleh sebagian siswa sebagai Bahasa yang sulit bahkan memandangnya menjadi momok. Di SLTP Al Islam Kartasura dalam aktifitas belajar babasa Arab, guru dan siswa sering dihadapkan pada orientasi tujuan bahasa sebagai alat komunikasi, alat yang kurang memadai, lingkungan yang kurang mendukung babkan hal-hal yang berhubungan guru dengan siswa itu sendiri. Penelitian ini untuk tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam meningkatkan prestasi siswa dalam bidang studi Bahasa Arab di SLTP Al Islam Kartasura. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SLTP Al Islam Kartasura, Guru bidang studi Bahasa Arab, Pegawai tata usaha, dan siswa-siswi di SLTP Al Islam Kartasura. Untuk siswa diambel sampel sebanyak 25\% berjumlah 63 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Dalam menganalisa data penulis menggunakan Analisa kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: 1. Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, usaha yang dilakukan oleh guru adalah pemberian tugas pekerjaan runah (PR), penambahan buku paket dan pemberian motivasi belajar. 2. Prestasi yang telah dicapai oleh siswa dalam bidang studi bahasa Arab tergolong berhasil deogao baik, dibandingkan talnm-tahwt sebelwnnya yang mencapai nilai rata-rata 6,5. Hal ini dapat dilihat dari nilai raport caturwulan satu tahun ajaran 1998/1999 siswa kelas I, II dan kelas III dengan nilai rata-rata 7,3. 3. Faktor pendukungnya adalah kerja sama antara guru dan siswa, kreativitas guru dalam mengajar, serta kegigihan guru dalam membimbing dan memotivasi siswa. Sementara faktor penghambatnya meliputi: kemalasan siswa dalam mengerjakan PR, kurangnya motivasi karena perbedaan latar belakang dan kondisi ekonomi, serta keterbatasan buku pelajaran.} }