TY - THES N1 - Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I. ID - digilib73984 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73984/ A1 - Wahyu Nursa?id, NIM.: 21102040003 Y1 - 2025/07/24/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunikan PT. Ajib Elsamaa Group Kota Bekasi sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah bila dibandingkan dengan PPIU lainnya di Kota Bekasi Paket yang ekonomis sesuai dengan standar minimal biaya referensi yang ditetapkan oleh Kementerian Agama sekitar dua puluh enam juta rupiah. Namun, tetap mengutamakan layanan aman, nyaman sesuai standar pelayanan yang mengacu pada peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 dan tanpa biaya tambahan. Hal ini dilakukan dengan mengedepankan manajemen strategis dan pelayanan berkualitas untuk kepuasan jemaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sesuai dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Ibadah Umrah: Studi pada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah PT. Ajib Elsamaa Group Kota Bekasi Jawa Barat Tahun 2024 diterapkan cukup baik. Hal tersebut mengacu pada proses manajemen strategi yaitu Analisis Lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian strategi yang diterapkan cukup baik dan mengacu pada lima dimensi kualitas pelayanan. Kata Kunci: Majemen, Strategi, Kualitas Pelayanan, Umrah PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Majemen KW - Strategi KW - Kualitas Pelayanan KW - Umrah M1 - skripsi TI - MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN IBADAH UMRAH: STUDI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH PT AJIB ELSAMAA GROUP KOTA BEKASI JAWA BARAT TAHUN 2024 AV - restricted EP - 111 ER -