eprintid: 73984 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/39/84 datestamp: 2025-10-28 06:27:46 lastmod: 2025-10-28 06:27:46 status_changed: 2025-10-28 06:27:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Wahyu Nursa’id, NIM.: 21102040003 title: MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN IBADAH UMRAH: STUDI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH PT AJIB ELSAMAA GROUP KOTA BEKASI JAWA BARAT TAHUN 2024 ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Majemen, Strategi, Kualitas Pelayanan, Umrah note: Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunikan PT. Ajib Elsamaa Group Kota Bekasi sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah bila dibandingkan dengan PPIU lainnya di Kota Bekasi Paket yang ekonomis sesuai dengan standar minimal biaya referensi yang ditetapkan oleh Kementerian Agama sekitar dua puluh enam juta rupiah. Namun, tetap mengutamakan layanan aman, nyaman sesuai standar pelayanan yang mengacu pada peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 dan tanpa biaya tambahan. Hal ini dilakukan dengan mengedepankan manajemen strategis dan pelayanan berkualitas untuk kepuasan jemaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi sesuai dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Ibadah Umrah: Studi pada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah PT. Ajib Elsamaa Group Kota Bekasi Jawa Barat Tahun 2024 diterapkan cukup baik. Hal tersebut mengacu pada proses manajemen strategi yaitu Analisis Lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian strategi yang diterapkan cukup baik dan mengacu pada lima dimensi kualitas pelayanan. Kata Kunci: Majemen, Strategi, Kualitas Pelayanan, Umrah date: 2025-07-24 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahyu Nursa’id, NIM.: 21102040003 (2025) MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN IBADAH UMRAH: STUDI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH PT AJIB ELSAMAA GROUP KOTA BEKASI JAWA BARAT TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73984/1/21102040003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73984/2/21102040003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf