%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurul Huda, NIM.: 02830166 %B FAKULTAS DAKWAH %D 1990 %F digilib:73993 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Opini Pembaca, Rubrik Keagamaan, Majalah Rindang, Media Dakwah, Komunikasi Massa %P 102 %T OPINI PEMBACA TERHADAP RUBRIK-RUBRIK KEAGAMAAN MAJALAH RINDANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73993/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya umpan balik pembaca Majalah Rindang sebagai salah satu media dakwah dalam format cetak untuk menjamin terselenggaranya komunikasi yang harmonis antara redaksi dan pembaca, sehingga pesan-pesan keagamaan dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Tujuan utama studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini pembaca, khususnya karyawan Departemen Agama di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, terhadap rubrik-rubrik keagamaan yang disajikan Majalah Rindang, sekaligus mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat baca mereka. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif survei dengan mengumpulkan data primer melalui penyebaran angket kepada sampel yang merupakan karyawan-karyawati Departemen Agama Kecamatan Jaten. Analisis dilakukan untuk mengukur tanggapan kognitif, afektif, dan behavioral pembaca terhadap berbagai rubrik, seperti tafsir Al Quran, khutbah bulan ini, dakwah, dan mutiara hikmah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini pembaca secara umum adalah positif terhadap konten keagamaan Majalah Rindang, yang mengindikasikan bahwa fungsi majalah sebagai media dakwah diterima baik oleh pembaca. Namun, teridentifikasi pula faktor-faktor yang menghambat pembaca kurang berminat membaca secara keseluruhan pesan keagamaan tersebut, yang perlu menjadi bahan evaluasi redaksi untuk penyajian konten kedepannya. %Z Drs. Mashudi Bba dan Drs. Hasan Baihaqi Af - Digitalisasi