eprintid: 73999 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/39/99 datestamp: 2025-10-29 01:37:44 lastmod: 2025-10-29 01:37:44 status_changed: 2025-10-29 01:37:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Iqbal Lutfiansah, NIM.: 21102040071 title: IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY SERVICE (TQS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI LAZISMU D.I. YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Pelayanan, Total Quality Service, Lazismu D.I. Yogyakarta note: Dr. Hikmah Endraswati, S.E., M.Si. abstract: Total Quality Service menjadi komponen kesuksesan Lazismu DIY dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Lembaga filantropi di bawah naungan PW Muhammadiyah ini dalam peningkatan kualitas manajemennya berfokus pada 5 prinsip berdasarkan teori Fandy Tjiptono yang meliputi: fokus kepada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, dukungan sistematis, dan perbaikan berkesinambungan. Penelitian ini menggnakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek fokus kepada pelanggan, Lazismu DIY mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan, memberikan layanan sesuai kebutuhan, serta mengakomodasi keinginan melalui layanan custom dan personalisasi. Pada keterlibatan total, pimpinan memberikan instruksi jelas, melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, membangun komunikasi internal yang baik, dan memberikan motivasi. Pada aspek pengukuran, kinerja pelayanan diukur melalui survei formal, komunikasi langsung di forum donatur, dan audit keuangan rutin. Pada dukungan sistematis, Lazismu menyediakan infrastruktur yang memadai, pelatihan dan pengembangan keterampilan, serta penguatan sistem informasi dan digital. Pada perbaikan berkesinambungan, Lazismu terbuka terhadap perubahan dan secara berkala menilai efektivitas program serta pelayanannya.. Dari 5 prinsip tersebut, aspek dukungan sistematis dalam penelitian ini menjadi faktor dominan yang membentuk kepuasan pelanggan Lazismu DIY. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa total quality service yang diterapkan Lazismu DIY ini telah berjalan secara efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Kata Kunci: Pelayanan, Total Quality Service, Lazismu D.I. Yogyakarta date: 2025-08-14 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Iqbal Lutfiansah, NIM.: 21102040071 (2025) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY SERVICE (TQS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI LAZISMU D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73999/1/21102040071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73999/2/21102040071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf