relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74007/ title: STUDY COMPARATIVE BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK ANAK-ANAK ANTARA TPA KOTAGEDE YOGYAKARTA DENGAN PONDOK PESANTREN AL-HUSAIN KRAKITAN SALAM MAGELANG creator: Dalana, NIM.: 02851799 subject: 297.122 Quran, Al-Qur'an, Alquran description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan Al-Qur'an sejak dini untuk membentuk kepribadian muslim yang mulia dan perlunya mengukur keefektifan metode pengajaran Al-Qur'an di tengah tantangan zaman dan pengaruh teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan metode yang dipakai, hasil atau efektivitas belajar Al-Qur'an, serta sejauh mana perkembangan kedua lembaga tersebut dalam rangka pengembangan dakwah Islamiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi komparatif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengajaran di TPA "AMM" Yogyakarta yang bersifat privat (metode Iqro') terbukti lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan metode klasikal yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Husain. Santri TPA "AMM" rata-rata memerlukan waktu 5-6 bulan untuk lulus membaca dan memahami Iqro' jilid 6, sedangkan santri Pondok Pesantren Al-Husain memerlukan waktu 10-12 bulan untuk bisa membaca Al-Qur'an. date: 1991-07-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74007/1/02851799_BAB%20I_BAB%20PENUTUP%20dan%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74007/2/02851799_BAB%20II%20sampai%20BAB%20IV.pdf identifier: Dalana, NIM.: 02851799 (1991) STUDY COMPARATIVE BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK ANAK-ANAK ANTARA TPA KOTAGEDE YOGYAKARTA DENGAN PONDOK PESANTREN AL-HUSAIN KRAKITAN SALAM MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.