%0 Thesis %9 Skripsi %A Luthfiyyah Nur Faridah, NIM.: 21108030069 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2025 %F digilib:74060 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pasar Modal Syariah, Generasi Z, Fear of Missing Out (FOMO), Literasi Keuangan, Peer Group, Keputusan Investasi %P 135 %T ANALISA KONTRIBUSI PEER GROUP TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH: STUDI KASUS PADA GENERASI Z %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74060/ %X Pasar modal Indonesia berkembang pesat, didukung meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi dan kemajuan teknologi. Penelitian ini mengkaji kontribusi Peer Group terhadap keputusan investasi pada pasar modal syariah, dengan fokus pada Generasi Z. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, kuesioner disebar kepada 234 responden Generasi Z yang berminat atau sudah berinvestasi di pasar modal syariah. Hasilnya, Literasi Keuangan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan investasi. Sebaliknya, Fear of Missing Out (FOMO) tidak berpengaruh signifikan. Temuan menariknya, Peer Group memoderasi hubungan FOMO dengan keputusan investasi secara negatif, melemahkan dorongan impulsif. Namun, peran Peer Group tidak memoderasi secara signifikan hubungan antara Literasi Keuangan dan keputusan investasi. Kata kunci: Pasar Modal yariah, Generasi Z, Fear of Missing Out (FOMO), Literasi keuangan, Peer Group, Keputusan Investasi %Z Ratna Sofiana, SH., M.SI.