@phdthesis{digilib74103, month = {September}, title = {ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 MI ASSUNIYAH 1 MULYASARI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080009 Mariyatul Qibtiyah}, year = {2025}, note = {Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si.}, keywords = {Kesulitan Membaca, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74103/}, abstract = {Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2025. Keterampilan membaca merupakan kemampuan dasar yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar, karena menjadi fondasi utama dalam memahami berbagai mata pelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca bahasa Indonesia pada siswa kelas 2 MI Assuniyah 1 Mulyasari serta mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Namun, masih ditemukan beberapa siswa yang mengalami hambatan dalam membaca, seperti kesalahan pengucapan, lambat dalam membaca, hingga kurangnya ekspresi saat membaca. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdari dari tiga siswa kelas 2 yang menunjukkan kesulitan membaca. Data dianalisis berdasarkan tiga indikator utama yaitu akurasi, kecepatan, dan ekspresi membaca. Selain itu, faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan membaca juga dianalisis, meliputi faktor intelektual, lingkungan, sosial emosional, serta faktor fisik dan perkembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga siswa mengalami kesulitan dalam ketiga indikator tersebut, dengan berbagai tingkat permasalahan. Misalnya, siswa belum mengenali huruf dengan baik, membaca sangat lambat, dan kurangnya menunjukkan intonasi saat membaca. Faktor-faktor penyebabnya antara lain rendahnya kemampuan fonologis, kurangnya kebiasaan membaca di rumah, minimnya motivasi belajar, dan hambatan dari segi perkembangan fisik seperti keterlambatan motorik halus.} }