eprintid: 74107 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/41/07 datestamp: 2025-11-04 00:36:24 lastmod: 2025-11-04 00:36:24 status_changed: 2025-11-04 00:36:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Sayyaf Siraj, S.Psi, NIM.: 23200011088 title: POLA PERILAKU KONSUMEN DALAM SEKTOR INDUSTRI HALAL ispublished: pub subjects: 658.8342 subjects: industri_halal divisions: halal full_text_status: restricted keywords: perilaku konsumen; industri halal; analisis bibliometrik; systematic literature review note: Dr. Ramadhanita Mustika Sari, S.Th.I., M.Hum. abstract: Industri halal global menunjukkan perkembangan signifikan, didorong oleh meningkatnya permintaan dari populasi Muslim dunia yang terus bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pola perilaku konsumen dalam sektor industri halal, serta menganalisis dalam perspektif pasar Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan bibliometric analysis dan systematic literature review (SLR) terhadap data dari database Scopus dan Web of Science, penelitian ini mengidentifikasi, menilai, dan mensintesis literatur yang relevan. Data yang dianalisis yaitu sejumlah 214 artikel dari sebanyak 1004 artikel yang dikumpulkan. Hasil analisis bibliometrik menunjukkan bahwa lanskap penelitian didominasi oleh tema-tema sentral seperti purchase intention (niat pembelian), religiosity (religiusitas), halal certification (sertifikasi halal), dan consumer behavior (perilaku konsumen). Analisis pemetaan mengidentifikasi lima klaster penelitian utama yang berfokus pada: (1) Intensi pembelian dan faktor-faktor terkait produk halal; (2) Kepuasan dan pariwisata halal; (3) Pemasaran dan rantai pasok produk halal (kosmetik & fesyen); Kesadaran dan industri makanan halal; dan (5) Peran informasi dalam pembelian kosmetik halal. Hasil tinjauan literatur sistematis mengungkap bahwa perilaku konsumen dipengaruhi oleh serangkaian determinan yang kompleks di setiap tahapan, mulai dari evaluasi alternatif, keputusan pembelian, hingga perilaku pasca-pembelian. Faktor-faktor yang memengaruhi konsumen meliputi kepercayaan dan loyalitas terhadap merek, religiusitas, kualitas produk, norma sosial, serta strategi promosi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan perilaku konsumen yang didasarkan pada konteks pasar. Di negara mayoritas Muslim, fokus konsumen bergeser ke arah preferensi merek, kualitas, dan pengalaman pasca-pembelian. Sebaliknya, di negara minoritas Muslim, perilaku konsumen lebih didorong oleh ketersediaan produk, verifikasi kehalalan melalui sertifikasi sebagai jaminan utama. date: 2025-07-16 date_type: published pages: 191 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Sayyaf Siraj, S.Psi, NIM.: 23200011088 (2025) POLA PERILAKU KONSUMEN DALAM SEKTOR INDUSTRI HALAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74107/1/23200011088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74107/2/23200011088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf