%A NIM.: 21107030050 Fina Arimbi %O Bapak Lukman Nusa, M.I.Kom. %T PERSONAL BRANDING RETNO MARSUDI SEBAGAI PEREMPUAN YANG BERPERAN GANDA (Analisis Isi Kualitatif pada Konten Unggahan Instagram @retno_marsudi Periode Juni-September 2024) %X Media sosial menjadi ruang digital yang strategis bagi perempuan untuk membangun personal branding dan menampilkan identitas diri, termasuk dalam menjalankan peran ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana personal branding Retno Marsudi dibentuk melalui akun Instagram pribadinya @retno_marsudi. Data penelitian dikumpulkan berdasarkan 140 postingan @retno_marsudi pada periode Juni-September 2024 dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan delapan pilar personal branding oleh Peter Montoya yang ditriangulasi menggunakan teori identitas sosial Castells kemudian peran ganda perempuan Moser yang dihubungkan dengan konsep feminisme Bhattacharya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Retno Marsudi membangun personal branding dengan menyeimbangkan tiga peran utama yaitu produktif, reproduktif, dan sosial. Peran produktif menunjukkan bahwa elemen spesialisasi, kepemimpinan, dan perbedaan tercermin dalam aktivitas diplomatik dan gaya komunikasi publiknya. Peran reproduktif terdapat kepribadian, kesatuan, dan kenampakan melalui unggahan yang menunjukkan kedekatannya dengan keluarga. Sedangkan peran sosial ditopang oleh keteguhan dan maksud baik, terlihat dalam kepedulian terhadap masalah kemanusiaan dan keterlibatannya dalam kegiatan sosial lintas budaya. Ketiga peran ini menggambarkan perempuan publik yang menginspirasi dengan berbagai perannya di era modern. Kata kunci : Personal Branding, Peran Ganda, Instagram, Identitas Sosial, Perempuan %K Personal Branding, Peran Ganda, Instagram, Identitas Sosial, Perempuan %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib74118