%A NIM.: 21104080018 Dhea Amalia Nur Hidayah %O Anita Ekantini, M.Pd %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERORIENTASI AKMI UNTUK SISWA MI/SD %X Hasil studi di beberapa MI/SD di Yogyakarta menunjukkan kemampuan literasi sains siswa masih bervariasi, dengan rata-rata berada pada kategori sedang. Di SDN Muhammadiyah Condongcatur dan SD Nahdatul Ulama, sebagian siswa masih kesulitan membedakan fakta dan pendapat serta memahami informasi dari teks, gambar, tabel, maupun grafik. Wawancara dengan guru juga menegaskan perlunya instrumen asesmen yang lebih valid dan reliabel untuk memetakan capaian kompetensi literasi sains siswa secara akurat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh kelayakan produk instrumen literasi sains berdasarkan penilaian ahli, (2) mengetahui karakteristik instrumen yang dikembangkan, (3) memperoleh kelayakan produk melalui uji coba lapangan, dan (4) mengetahui capaian kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dengan skor rata-rata 4,009, menghasilkan 42 soal literasi sains yang sesuai capaian kompetensi AKMI, serta layak digunakan sebagai instrumen asesmen untuk meningkatkan Literasi Sains Berorientasi AKMI Untuk Siswa MI/SD. %K Literasi Sains; AKMI; SD/MI; kelayakan produk %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib74124