%A NIM.: 21204011023 Amy Lia Laili %O Dr. Adhi Setiyawan, M.Pd. %T EFEKTIVITAS METODE IQRO’ DAN TSAQIFA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN LANSIA DI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN KARANGANYAR %X Permas alahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah pemilihan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan usia peserta didiknya, agar peserta didik bisa membaca Al-Qur’an dengan waktu yang tidak lama dan tidak mudah bosan saat belajar. Dimana, peserta didik dalam penelitian disini adalah lansia. Permasalahan para lansia disini yaitu, mereka yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an. Kurang lancar yang dimaksud seperti dalam mengucapkan huruf hijaiyyah saat membaca Al-Qur’an sering lupa dan sering keliru dengan huruf hijaiyyah lain, selain itu tidak menerapkan tajwid dalam membacanya, kemudian waktu dalam belajar membaca Al-Qur’an cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an lansia yang menggunakan metode Iqro’ di Pondok Pesantren Nurul Iman Karanganyar. 2) Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an lansia yang diberikan pengajaran metode Tsaqifa di Pondok Pesantren Nurul Iman Karanganyar. 3) Mengetahui perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an lansia yang menggunakan metode Iqro’ dan metode Tsaqifa di Pondok Pesantren Nurul Iman Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif berjenis eksperimen, dimana eksperimennya menggunakan eksperimen semu, dengan jenis desain Post Test Only. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Iman pada 1 Januari 2024 sampai 31 Mei 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia di Pondok Pesantren Nurul Iman, dengan sampel sebanyak 54 lansia. Teknik sampling pada penelitian ini ialah teknik populasi Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang diberikan kepada lansia. penelitian ini menggunakan uji normalitas Chi Kuadrat. Uji normalitas digunakan untuk mengetahui apakah data yang digunakan berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji t-test. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil yaitu (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an lansia yang menggunakan metode Iqro’ di Pondok Pesantren Lansia Nurul Iman tergolong kategori bagus yaitu sebanyak 13 lansia atau 46,43%. Kemampuan membaca Al-Qur’an lansia yang diberikan metode Tsaqifa di Pondok Pesantren Lansia Nurul Iman tergolong kategori bagus yaitu sebanyak 14 lansia atau 53,84%. (2) Terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an yang menggunakan Iqro’ dan Tsaqifa walaupun perbedaan ini tidak begitu signifikan yang dapat dilihat dari hasil uji t-test dengan hasil thitung (2,253) > ttabel (2,006), maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Berdasarkan dari uji t-test dengan hasil thitung (2,253) > ttabel (2,006) maka dapat disimpulkan bahwa metode Tsaqifa lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an lansia di Pondok Pesantren Nurul Iman. %K Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Metode Iqro’; Metode Tsaqifa %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib74134