relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74135/ title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN KEDISPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI GOLDEN HABITS DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL creator: Firdha Ayu Hafidah, NIM.. 21204012031 subject: 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter description: Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memperdayakan potensi peserta didik untuk membangun karakter pribadinya sehingga menjadi manusia yang memiliki pribadi dan berkarakter baik.Thomas Lickona mengartikan pendidikan karakter sebagai suatu cara yang dilaksanakan dengan sadar guna membangun karakter peserta didik agar. Akhir-akhir ini banyak permasalahan mengenai karakter salah satunya disebabakan dengan perkembangan teknologi yang semakain maju. salah satu contoh permasalahan yang sering muncul dilembaga Pendidikan atau sekolah yaitu masalah kedisplinan seperti suka terlambat,kurang bertanggung jawab dan melanggar beberapa peraturan. Selain itu juga banyaknya anak yang kurang motivasi baik dilingkungan rumah maupun sekolah. Ada sekolah yang mempunyai kegiatan rutin golden habits dan peneliti mempunyai tujuan untuk melihat sejauhmana golden habits disekolah tersebut dapat menumbuhkan kedisplinan dan motivasi belajar di SMP Muhammadiyah Al Mujadidin Gunungkidul yang mana hal tersebut juga saling berhubungan dengan visi sekolah. Metode Penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian kualitatif, ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk memperoleh data atau pengetahuan mengenai suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi antara lain fenomenologi, studi kasus, dan grounded research. Hasil dari penelitian mengatakan bahwa dalam golden habits dilakukan secara berjamaah sehingga akan mudah dalam mendisplinkan dan menkondisikan anak-anak dan memudahkan pendamping memberikan motivasi. Adapun factor pendukung dan penghambatnya yaitu berasa dari ekternal yang berupa lingkungan dan lain lain dan factor internal yaitu dari diri sendiri, sekolah dan keluarga. Implikasi dari golden habitsini membuat anak displin, bertanggung jawab , tepat waktu,semakin religious,termotivasi dalam belajar serta mereka tidak enak hati ketika meninggalkan kewajiaban mereka sebagai seorang muslim. date: 2025-03-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74135/1/21204012031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74135/2/21204012031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Firdha Ayu Hafidah, NIM.. 21204012031 (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN KEDISPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI GOLDEN HABITS DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.