eprintid: 74137 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/41/37 datestamp: 2025-11-04 03:52:16 lastmod: 2025-11-04 03:52:16 status_changed: 2025-11-04 03:52:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Syaukani Noor Akbari, NIM.: 21107020078 title: PENGARUH BUDAYA KONSUMSI DAN POLA KONSUMSI TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA RANTAU DI COFFEE SHOP PADA MAHASISWA ASAL KOTA PALANGKA RAYA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: I divisions: jur_ikom full_text_status: restricted keywords: budaya konsumsi, pola konsumsi, gaya hidup, konsumtif. note: Nisrina Muthahari, S.Pd., M.A. abstract: Konsumsi berkembang dari sekedar memenuhi kebutuhan menjadi representasi identitas sosial dan gaya hidup, yang terlihat jelas pada kebiasaan mahasiswa rantau yang menjadikan coffee shop sebagai bagian budaya konsumsi dan simbol status sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara budaya konsumsi dan pola konsumsi dengan gaya hidup konsumtif di Coffee shop pada mahasiswa Palangkaraya di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif deskriptif yang berbasis survei online. Total populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota grup WhatsApp Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Kota Palangka Raya (IKPMP) yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta, yang berjumlah 91 anggota. Metode pengumpulan data menggunakan Google Form yang disebar pada grup WhatsApp IKPMP dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data menggunakan bantuan software SPSS v. 25, yang mana terdiri dari uji kualitas data, asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara budaya konsumsi terhadap gaya hidup konsumtif (H1); dan pengaruh yang signifikan dan positif antara pola konsumsi dengan gaya hidup konsumtif di Coffee shop pada mahasiswa rantau IKPMP (H2). Temuan ini memperkuat konteks kehidupan mahasiswa yang sedang berada dalam proses adaptasi sosial dan kultural. Coffee shop sebagai ruang sosial sekaligus simbol gaya hidup, menjadi wadah di mana konsumsi tidak hanya dimaknai secara ekonomis, tetapi juga sebagai media ekspresi, pengakuan sosial, dan integrasi dalam komunitas mahasiswa urban. Kata Kunci: budaya konsumsi, pola konsumsi, gaya hidup, konsumtif. date: 2025-08-15 date_type: published pages: 117 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Syaukani Noor Akbari, NIM.: 21107020078 (2025) PENGARUH BUDAYA KONSUMSI DAN POLA KONSUMSI TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA RANTAU DI COFFEE SHOP PADA MAHASISWA ASAL KOTA PALANGKA RAYA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74137/1/21107020078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74137/2/21107020078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf