%A NIM.: 23204011079 Hujjatul Fakhrurridha %O Prof. Dr. H. Mahmud Arif, M.Ag, %T IMPLIKASI GAME ONLINE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF 1 PIYUNGAN %X Siswa harus semangat belajar, namun kecanduan game dan penggunaan gadget dapat menurunkan motivasi, banyak siswa lebih memilih game online daripada belajar, sehingga motivasi belajarnya menurun. Karakter dan motivasi penting dalam belajar. Penelitian ini fokus pada implikasi game online terhadap pembentukan karakter dan motivasi belajar siswa SMK Ma’arif 1 Piyungan. Dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana praktik penggunaan game online pada siswa SMK Ma’arif 1 Piyungan; (2) Apa saja implikasi game online terhadap pembentukan karakter siswa SMK Ma’arif 1 Piyunngan; (3) Apa saja implikasi game online terhadap motivasi belajar siswa SMK Ma’arif 1 Piyunngan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana praktik game online siswa SMK Ma’arif 1 Piyungan, menganalisis apa saja implikasi game online terhadap pembentukan karakter siswa SMK Ma’arif 1 Piyungan dan menganalisis apa saja implikasi game online terhadap motivasi belajar siswa SMK Ma’arif 1 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan psikologis. Lokasi penelitian di SMK Ma’arif 1 Piyungan. Penelitin ini dimulai pada 6 Januari 2025 sampai dengan 17 Juni 2025. Subjek penelitian adalah guru BK dan peserta didik yang aktif bermain game online. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa mampu memainkan game online 2 sampai 5 jam dalam sehari. Didominasi game Freefire, Mobile Legends dan PUBG Mobile. game online memberikan implikasi yang positif terhadap pembentukan karakter seperti: (1) pengembangan karakter, (2) sistem penghargaan, (3) interaksi Sosial , (4) keputusan dan konsekuensi, (5) pengalaman emosional, Sedangkan implikasi negatif dari game online terhadap karakter adalah (1) kecanduan game, (2) perilaku Agresif (3) lalai dalam tanggung jawab. Implikasi positif game online terhadap motivasi belajar adalah sebagai hiburan setelah beraktivitas sendangkan implikasi negatifnya adalah (1) mengganggu fokus belajar, (2) waktu belajar yang berkurang dan (3) interaksi sosial yang berkurang. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada lembaga-lembaga pendidikan tentang implikasi game online terhadap pembentukan karakter dan motivasi belajar siswa. %K game online; pembentukan karakter; motivasi belajar %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib74138