relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74142/ title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI creator: Mila Sri Handayani, NIM.: 23204031021 subject: 371.33 Media Pembelajaran description: Pembelajaran berbasis alam merupakan pendekatan yang mendorong anak untuk belajar langsung dari lingkungan sekitar sebagai sumber pengetahuan. Pendekatan ini diyakini mampu meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini, yaitu kemampuan untuk mengenali, mengklasifikasi dan memahami alam serta makhluk hidup di sekitarnya. Penelitian ini mengidentifikasi tiga tujuan utama, yaitu: (1) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis alam; (2) untuk mengevaluasi kelayakan media yang dikembangkan; dan (3) untuk menguji efektivitas media dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilakukan pada peserta didik kelompok B sebagai kelas eksperimen dan kelompok A sebagai kelas kontrol di TK Pertiwi Pandean 1 dengan subjek uji coba 15 anak perkelasnnya. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan Analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sampel t-test untuk mencari keefektifan produk berdasarkan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Buku cerita bergambar “Doni, Dona, dan Rahasia Pohon Besar”, sebagai produk media pembelajaran berbasis alam dalam meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia dini, dikembangkan melalui tahapan sistematis yang mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Proses ini ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual.; (2) Buku cerita bergambar “Doni, Dona, dan Rahasia Pohon Besar” penting untuk dikembangkan sebagai sebuah produk media pembelajaran berbasis alam dalam meningkatkan kecerdasan naturalis. Kelayakan akan pentingnya produk ini telah dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 92% kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 89%, kategori layak, dan ahli praktisi memperoleh skor rata-rata 91,25% kategori sangat layak; (3) Buku cerita bergambar “Doni, Dona, dan Rahasia Pohon Besar”, efektif meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Hal ini dibuktikan dengan uji independent sampels t-test. Hasil uji coba menunjukan pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan nilai t = 0.390 dengan p-value = 0.700 (p > 0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan. Selanjutnya, uji independent sampels t-test terhadap posttest menghasilkan t = 2.67 dengan p-value = 0.013 (p < 0.05). Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. date: 2025-08-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74142/1/23204031021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74142/2/23204031021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Mila Sri Handayani, NIM.: 23204031021 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.