relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74148/ title: IMPLEMENTASI METODE SAQU IBNU MAS'UD DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIZHUL QUR’AN (MITQ) SAHABAT QUR’AN IBNU MAS’UD YOGYAKARTA creator: Nur Asyiah Bulqist Rahman, NIM.: 22204081014 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kegiatan santri dalam proses pembelajaran tahfizhul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Sahabat Qur’an Ibnu Mas’ud Yogyakarta. 2) Menganalisis penerapan metode SaQu Ibnu Mas’ud dalam proses pembelajaran tahfizhul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Sahabat Qur’an Ibnu Mas’ud Yogyakarta. 3) Mengidentifikasi target dan capaian tahfizhul Qur’an dalam proses pembelajaran tahfizhul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Sahabat Qur’an Ibnu Mas’ud Yogyakarta. 4) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan metode SaQu Ibnu Mas’ud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an (MITQ) Sahabat Qur’an Ibnu Mas’ud Yogyakarta. Sumber data penelitian yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan santri pada proses pembelajaran tahfizhul Qur’an dilakukan secara rutin setiap harinya. 2) Metode SaQu Ibnu Mas’ud diterapkan secara bertahap mulai dari jenjang MIT sampai I’dad Muhafizhin wal Muhafizhah (IM). 3) Target dan Capaian santri dibimbing melalui tahapan ziyadah, sabqi, dan manzil dengan sistem evaluasi dengan tiga level itqan, serta uji publik melalui live streaming. Santri menunjukkan kualitas hafalan yang kuat, dan peningkatan motivasi melalui sistem evaluasi yaitu Ujian Kenaikan Juz (UKJ) pada jenjang MIT. 4) Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah semangat yang kuat, tempat yang nyaman, lingkungan yang bersahabat, rajin murajaah hafalan, support orang tua, dan peran ustadz/ustadzah yang kompeten. adapun faktor penghambat yang dihadapi meliputi malas sehingga susah untuk berkonsentrasi, melamun, mengantuk, sering mengganti mushab Al-Qur’an saat menghafal, dan kurangnya peran orang tua di rumah. date: 2025-08-13 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74148/1/22204081014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74148/2/22204081014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nur Asyiah Bulqist Rahman, NIM.: 22204081014 (2025) IMPLEMENTASI METODE SAQU IBNU MAS'UD DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIZHUL QUR’AN (MITQ) SAHABAT QUR’AN IBNU MAS’UD YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.