<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan kemandirian pada\r\nanak usia dini sebagai bagian dari pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak\r\nawal. Kemandirian menjadi modal utama anak dalam menghadapi tantangan\r\nperkembangan di masa depan, sehingga perlu ditumbuhkan melalui strategi\r\npendidikan yang tepat. Salah satu upaya yang dilakukan lembaga pendidikan adalah\r\npenerapan program full day school yang tidak hanya menekankan pada pencapaian\r\nakademik, tetapi juga pengembangan keterampilan hidup (life skills), pembiasaan\r\nperilaku positif, dan pelatihan tanggung jawab. TKIT Cahaya Qolbu Subang sebagai\r\nlembaga pendidikan Islam terpadu menerapkan manajemen sekolah berbasis full day\r\ndengan tujuan mendukung perkembangan holistik peserta didik baik aspek kognitif,\r\nafektif, maupun psikomotorik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengidentifikasi indikator-indikator kemandirian anak usia dini, menganalisis peran\r\nmanajemen sekolah berbasis full day dalam mendukung pembentukan kemandirian,\r\nserta mengevaluasi hasil implementasi program tersebut terhadap kemandirian siswa\r\ndi TKIT Cahaya Qolbu Subang.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model 3M\r\n(Memahami, Mengetahui, dan Mengalami). Subjek penelitian ditentukan melalui\r\nwawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, orang\r\ntua, serta siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model\r\ninteraktif Miles dan Huberman.\r\nHasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa\r\nberkembang dalam tiga aspek utama: (1) kemandirian fisik dan keterampilan\r\nmengurus diri, (2) kemandirian sosial dan emosional, serta (3) kemandirian kognitif.\r\nPenerapan manajemen berbasis full day di TKIT Cahaya Qolbu dilakukan secara\r\nterstruktur dan terintegrasi melalui penyusunan jadwal harian, pelaksanaan fungsi\r\nmanajerial secara lengkap (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan,\r\ndan evaluasi), pembiasaan berbasis karakter dan kemandirian, serta dukungan\r\nlingkungan sosial dan budaya sekolah yang religius. Implementasi program full day\r\nterbukti efektif dalam menumbuhkan disiplin, tanggung jawab, kepercayaan diri, serta\r\nkemandirian siswa melalui pembiasaan dan keteladanan yang konsisten. Aktivitas\r\nsiswa mencakup pembelajaran tematik, ibadah, bermain, makan bersama, hingga\r\nkegiatan sosial yang berorientasi pada pembiasaan mandiri. Bentuk kemandirian yang\r\nberkembang meliputi kemampuan makan sendiri, merapikan perlengkapan, mengatur\r\nwaktu, membuat keputusan sederhana, serta mengelola emosi dan interaksi sosial.\r\nPeran manajemen sekolah sangat signifikan karena keberhasilan pembentukan\r\nkemandirian tidak hanya ditentukan oleh program, tetapi juga oleh konsistensi\r\npengawasan, keteladanan guru, serta dukungan orang tua di rumah.\r\nKata Kunci: Manajemen sekolah, full day school, kemandirian anak, anak usia\r\ndini, TKIT Cahaya Qolbu"^^ . "2025-08-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104090062"^^ . "Lulu"^^ . "NIM.: 21104090062 Lulu"^^ . . . . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Text)"^^ . . . . . "21104090062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Text)"^^ . . . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM\r\nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI\r\nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74167 \n\nPERAN MANAJEMEN SEKOLAH FULL DAY DALAM \nMEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI: STUDI \nKASUS di TKIT CAHAYA QOLBU\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan" . .