@phdthesis{digilib74168, month = {August}, title = {PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ALPHABET BLOCKS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SLOW LEARNER KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080066 Sherline Yulanda Risdiani}, year = {2025}, note = {Dr.? Aninditya? Sri? Nugraheni,? S.Pd.? M.Pd}, keywords = {Metode Picture and Picture, Keterampilan Membaca, Siswa Slow Learner}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74168/}, abstract = {Keterampilan membaca di kelas V seharusnya siswa mampu untuk mengenal dan menyebutkan huruf dengan baik, lancar dalam membaca suku kata, kata, hingga rangkaian kalimat dengan benar. Namun, ditemukan fakta bahwa salah satu siswa dikelas V ini memiliki keterampilan membaca yang rendah dibandingkan dengan teman lain dalam satu kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sesudah pelaksanaan dan mengetahui hasil peningkatan penerapan metode pembelajaran picture and picture pada keterampilan membaca siswa slow learner kelas V di SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis single subject research (SSR) yang termasuk dalam penelitian eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini hanya terdapat satu siswa dengan hambatan slow learner yang memiliki keterampilan membaca rendah, berada di kelas V SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta. Langkah yang digunakan pada penelitian ini, jenis SSR dengan pola A-B-A yaitu dapat diuraikan menjadi fase Baseline-1, Intervensi, dan Baseline-2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa slow learner. Selain itu, terdapat instrumen observasi untuk siswa dan instrumen wawancara kepada guru kelas, dan guru pendamping khusus (GPK) sebagai pendukung dalam penelitian. Analisis data menggunakan analisis suatu kondisi dan analisis antar kondisi. Data yang didapatkan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif deskriptif dan kualitatif yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dalam bentuk tabel dan gambar grafik. Hasil penelitian ini, bahwasanya dapat menghasilkan? perbedaan? antara? sebelum? dan? sesudah? pelaksanaan? penerapan? metode? picture and picture pada? siswa? slow learner kelas? V,? yakni:? siswa? slow learner bisa? lebih? aktif? dalam? pembelajaran,? memahami? dan? lebih? lancar? dalam? membacanya. Hasil penelitian penerapan metode picture and picture terhadap keterampilan membaca siswa slow learner kelas V yang dibantu dengan media pendukung yaitu media alphabet blocks berdasarkan pada fase intervensi dapat menunjukkan peningkatan perolehan skor rata-rata pada setiap sesi keterampilan membaca subjek. Subjek mendapatkan perolehan skor 50 pada fase awal basline-1 (A), menjadi 72 pada fase perlakuan/intervensi (B), dan 93,3 pada fase akhir/baseline-2 (A?). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa slow learner. Kata kunci : Metode Picture and Picture, Keterampilan Membaca, Siswa Slow Learner} }