%0 Thesis %9 Skripsi %A Rajaa' Adham Dzulfaqaar, NIM.: 21107010099 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2025 %F digilib:74200 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pengaruh sosial; kontrol diri; perilaku konsumtif; Mobile Legends %P 244 %T HUBUNGAN ANTARA PENGARUH SOSIAL DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PEMAIN MOBILE LEGENDS BANG-BANG DI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74200/ %X Perkembangan game daring seperti Mobile Legends: Bang-Bang mendorong perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, terutama melalui pembelian item virtual dan penggunaan jasa joki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengaruh sosial dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pemain Mobile Legends di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 159 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Alat ukur disusun berdasarkan teori Engel, Blackwell, dan Miniard (1994) untuk perilaku konsumtif, Bearden, Netemeyer, dan Teel (1999) untuk pengaruh sosial, serta Tangney, Baumeister, dan Boone (2018) untuk kontrol diri. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara pengaruh sosial dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif dengan sumbangan efektif sebesar 60,7%. Secara parsial, pengaruh sosial memiliki hubungan positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sementara itu, kontrol diri juga memiliki hubungan positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Temuan ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa pemain Mobile Legends tidak semata-mata dipengaruhi oleh tekanan sosial maupun impulsivitas, tetapi juga dapat menjadi bagian dari keputusan konsumsi yang rasional dan terencana. %Z Denisa Apriliawati, S.Psi., M. Res.