TY - THES N1 - Syaiful Fakhri, S. Psi., M. Psi. ID - digilib74217 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74217/ A1 - Iqbal Gilangahdhan Aryagi, NIM.: 18107010122 Y1 - 2025/08/11/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan regulasi emosi dan dukungan keluarga pada mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa pada tahap akhir perkuliahan umumnya menghadapi tekanan akademik yang tinggi, terutama terkait penyusunan skripsi dan persiapan kelulusan, sehingga berpotensi menimbulkan stres yang signifikan. Regulasi emosi dan dukungan keluarga diyakini memiliki peran penting dalam mengelola stres tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan partisipan sebanyak 210 mahasiswa tingkat akhir dari berbagai program studi. Instrumen yang digunakan meliputi skala stres akademik, skala regulasi emosi, dan skala dukungan keluarga yang telah terstandarisasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara stres akademik dengan regulasi emosi (r = -0,401, p < 0,01), serta hubungan negatif signifikan antara stres akademik dengan dukungan keluarga (r = -0,354, p < 0,01). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik kemampuan regulasi emosi dan semakin kuat dukungan keluarga yang dirasakan mahasiswa, maka tingkat stres akademik cenderung lebih rendah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan keterampilan regulasi emosi dan peningkatan dukungan keluarga sebagai strategi untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - stres akademik; regulasi emosi; dukungan keluarga; mahasiswa tingkat akhir M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR AV - restricted EP - 168 ER -