<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk membahas variasi meme tentang hadis\r\nkeutamaan shalat jum’at di media sosial. Latar belakang penelitian ini berangkat\r\ndari postingan-postingan meme hadis keutamaan shalat jum’at yang\r\ndiinterpretasikan dengan cara yang berbeda-beda. Fenomena tersebut membuka\r\nterjadinya misinterpretasi dan simplifikasi pemahaman terhadap hadis-hadis\r\nkeutamaan shalat jum’at di media sosial. Penelitian ini berupaya memberikan\r\npemahaman yang komprehensif dan mendalam, serta menghindarkan pembaca dari\r\nkesalahpahaman terhadap hadis-hadis keutamaan shalat jum’at. Merujuk pada latar\r\nbelakang ini, maka dirumuskan dua masalah utama, yakni bagaimana variasi dan\r\nmediatisasi meme-meme hadis keutamaan shalat jum’at, serta bagaimana\r\nmisinterpretasi terjadi pada hadis-hadis keutamaan shalat jum’at di media sosial.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode netnografi\r\nmelalui pendekatan mediatisasi perspektif Heidi Campbell dan misinterpretasi\r\nperspektif Quraish Syihab. Fokus kajian diarahkan pada eksplorasi terhadap prosesproses\r\ntransformasi hadis-hadis keutamaan shalat jum’at, serta bagaimana terjadi\r\nkesalahpahaman dalam memahami hadis-hadis keutamaan shalat jum’at di media\r\nsosial.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 19 postingan meme hadis\r\nkeutamaan shalat jum’at di media sosial didominasi oleh postingan-postingan\r\nmeme dalam bentuk video (reels), kutipan-kutipan hadis, karikatur-karikatur\r\nkomik, infografis, dan kutipan-kutipan tokoh. Selanjutnya, proses mediatisasi pada\r\nhadis-hadis keutamaan shalat jum’at di media sosial dapat diverifikasi melalui\r\nempat level (tahapan). Pertama, level praktik dimana mediatisasi hadis-hadis\r\nkeutamaan shalat jum’at membentuk dan mempengaruhi tindakan dan praktik\r\nmasyarakat sebelum melaksanakan shalat jum’at, membentuk norma etika dan\r\nsosial yang memberikan efek jera dan memalukan bagi masyarakat yang tidak\r\nmelaksanakan shalat jum’at, serta memperkuat eksistensi praktik-praktik dan\r\ntradisi-tradisi yang telah kuat mengakar di tengah-tengah masyarakat pada hari\r\njum’at, seperti tradisi tasyakuran, kenduri, yasinan, dan selamatan di malam/hari\r\njum’at. Kedua, level diskursif yang menekankan pergeseran penafsiran dan reduksi\r\nmakna terhadap hadis-hadis keutamaan shalat jum’at, dari hadis keutamaan shalat\r\njum’at menjadi norma sosial/etika bagi laki-laki Ketiga, level insitusional yang\r\nberfokus pada postingan meme hadis keutamaan shalat jum’at yang mengadopsi\r\nstrategi media digital baik dalam bentuk karikatur komik, infografis, maupun\r\nkutipan hadis. Keempat, level RSST menitikberatkan penggunaan meme hadis\r\nkeutamaan shalat jum’at sebagai basis pemahaman tentang shalat jum’at, baik\r\npemahaman tekstual maupun kontekstual. Terakhir, misinterpretasi hadis\r\nkeutamaan shalat jum’at dilatarbelakangi oleh faktor subjektivitas penafsir dalam\r\nbentuk menjadikan hadis kewajiban shalat jum’at sebagai satu-satunya indikator\r\nkesalehan dan tanggung jawab laki-laki dengan mengesampingkan faktor-faktor\r\nlain. Selain itu, faktor kesalahan dalam memahami kaidah penafsiran dalam bentuk\r\nmenjadikan hadis sunnah-sunnah di hari jum’at sebagai alat legitimasi yang\r\nmenambah ketampanan pria, serta penggabungan subtansi makna hadis keutamaan\r\nberangkat shalat jum’at lebih awal dan hadis keutamaan saff pertama di hari jum’at dalam satu frame (meme) yang mengakibatkan simplifikasi pemahaman terhadap\r\nhadis-hadis keutamaan berangkat shalat jum’at lebih awal. Persebaran ini\r\nditemukan dalam 3 postingan meme hadis dengan tema “laki-laki yang shalat\r\njum’at adalah laki-laki yang baik” dan 3 meme hadis dengan tema “shalat jum’at\r\nmenambah ketampanan” dari 19 postingan meme hadis keutamaan shalat jum’at di\r\nmedia sosial."^^ . "2025-10-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 23205032008"^^ . "Bayu Prasetyo"^^ . "NIM.: 23205032008 Bayu Prasetyo"^^ . . . . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Text)"^^ . . . . . "23205032008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Text)"^^ . . . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "VARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74230 \n\nVARIASI MEMES TENTANG HADIS KEUTAMAAN SHALAT JUM’AT DI MEDIA SOSIAL (STUDI MEDIATISASI DAN MISINTERPRETASI HADIS)\n\n" . "text/html" . . . "297.125 Hadis" . .