@phdthesis{digilib74246, month = {August}, title = {PREFERENSI KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS KONJOIN DAN REGRESI LOGISTIK (Studi Kasus : Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta pada Bulan Mei-Juni 2025)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21106010023 Nurhikmah}, year = {2025}, note = {Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc.}, keywords = {Preferensi konsumen, atribut, Mie Gacoan, analisis konjoin, regresi logistik.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74246/}, abstract = {Preferensi konsumen merujuk pada pilihan atau keputusan yang diambil oleh individu dalam menentukan produk atau jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini membahas preferensi dan keputusan konsumen terkait pembelian Mie Gacoan di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang memengaruhi preferensi dan keputusan pembelian konsumen terhadap Mie Gacoan di Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 115 orang. Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis, yaitu analisis konjoin dan regresi logistik. Lima atribut yang dianalisis meliputi level pedas, harga, pelayanan, tempat, dan jenis mie, masing-masing dengan beberapa level. Analisis konjoin digunakan untuk mengukur nilai kepentingan dan utilitas masing-masing atribut terhadap preferensi konsumen, sedangkan regresi logistik digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian aktual. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa atribut level pedas memberikan nilai kepentingan terbesar terhadap preferensi konsumen dengan nilai kepentingan sebesar 36,670\%, diikuti oleh pelayanan sebesar 28,381\%, jenis mie sebesar 12,132\%, harga sebesar 11,912\%, dan lokasi makan sebesar 10,906\%. Sementara itu, hasil regresi logistik menunjukkan bahwa level pedas dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien masing-masing sebesar 0,432 dan 0,727 serta odds ratio sebesar 1,541 dan 2,068. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan untuk melakukan pembelian lebih banyak dipengaruhi level pedas dan harga, meskipun atribut lain lebih disukai. Kata kunci : Preferensi konsumen, atribut, Mie Gacoan, analisis konjoin, regresi logistik.} }