@mastersthesis{digilib7426, month = {February}, title = {STUDI KOMPARASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BERSERTIFIKASI DENGAN GURU NON SERTIFIKASI PENDIDIK MATA PELAJARAN SAINS PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA METRO - LAMPUNG }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM: 09.251.019 AHMAD MUBAROK, S.Si }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7426/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah sebab diberlakukannya kebijakan pemerintah tentang sertifikasi pendidik yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, sebagai upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi syarat, diantaranya adalah kualifikasi pendidikan dan kompetensi guru. Kondisi nyata MIN di Kota Metro masih sangat minimnya guru lulusan PGSD/PGMI, selain itu masih terdapat beberapa guru yang masih belum maksimal menggunakan kompetensinya dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik dan profesional guru sains bersertifikasi pendidik jika dikomparasikan dengan guru sains yang tidak bersertifikasi pendidik pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Metro ? Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber yakni teknik untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama seperti pengamatan, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sains dari kepala sekolah, guru bersertifikasi pendidik, dan guru tidak bersertifikasi pendidik. Aktivitas dalam analisis data dengan mereduksi data, penyajian data secara sistematis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas pengampu mata pelajaran sains bersertifikasi pendidik pada MIN di Kota Metro telah baik, hal ini dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, aspek pelaksanaan pembelajaran, aspek evaluasi pembelajaran, aspek kualifikasi pendidikan, dan peningkatan kompetensi guru secara umum. Sementara guru yang tidak bersertifikasi masih terdapat kelemahan dibeberapa hal. Dari penelitian juga ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan kompetensi pedagogik dan profesional, beberapa diantara perbedaan yang ditemukan antara lain: 1) sebelum pembelajaran guru bersertifikasi menyusun perangkat pembelajaran dengan mandiri, guru yang lain belum; 2) saat pelaksanaan pembelajaran guru bersertifikasi telah memaksimalkan pendayagunaan sumber, alat/media dan metode pembelajaran; 3) kualifikasi pendidikan guru bersertifikasi berpendidikan S1/D-IV, guru yang tidak bersertifikasi masih terdapat yang belum S1/D-IV ; 4) kualifikasi pengembangan profesi bidang organisasi kependidikan guru bersertifikasi pendidik lebih aktif dibanding dengan guru tidak bersertifikasi. } }