<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lambatnya perkembangan kemampuan santri,\r\nlemahnya struktur kalimat (tarkīb al-jumlah) serta kurangnya ide dan kreativitas dalam\r\nmengembangkan tulisan serta rendahnya nilai santri. Meskipun sebagian santri mampu\r\nmenulis kalimat sederhana yang telah mereka pelajari, namun sebagian dari mereka masih\r\nmengalami kesulitan saat diminta untuk mengembangkan kalimat dan kosakata tersebut ke\r\ndalam bentuk tulisan bahasa Arab yang lebih bervariasi. Oleh karena itu, Tujuan penelitian\r\nini adalah: (1) mengembangkan buku ajar Insyā dengan pendekatan HOTS, dan (2)\r\nmengetahui efektivitas buku ajar tersebut bagi siswa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan\r\nmengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and\r\nEvaluation). Untuk mengetahui efektivitas buku ajar, penelitian menggunakan metode\r\npenelitian eksperiment tipe Non- Equivalent Control Group design. Subjek penelitian ini\r\nadalah siswa kelas V Ibtida’ Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Kabupaten Tegal.\r\nPendekatan HOTS digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan buku ajar yang\r\nbertujuan mengajarkan Insyā dengan lebih efektif. Data dikumpulkan melalui observasi,\r\nwawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Kemudian data berupa angka yang dianalisis\r\nmenggunakan uji Independent Sample T-Test, dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS\r\n27.\r\nHasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk berupa buku ajar Insyā dengan\r\npendekatan HOTS, Memuat materi kelas V Ibtida’ semester ganjil 2) Hasil Analisis buku\r\najar yang telah dikembangkan berawal hasil uji kelayakan para ahli, terdiri dari ahli media\r\ndan ahli materi. Hasil presentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai dari ahli media\r\nsebesar 86,8%, sedangkan ahli materi sebesar 84,00% dan keduanya termasuk dalam\r\nkategori “sangat layak”. Respon guru dan siswa terhadap media monopoli yang\r\ndikembangkan sangat baik. Rata-rata respon guru pada keseluruhan aspek yang dinilai\r\nadalah 93%, sedangkan rata-rata respon siswa dari keseluruhan aspek yang dinilai adalah\r\n92,85%. Dengan drajat dari kedua persepsi tersebut yakni “sangat baik”. Hasil uji T-test\r\ndata Post-Test kelas eksperimen dan control sebesar 0,001 dengan begitu Ha diterima dan\r\nHo ditolak, berarti dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang\r\nsignifikan terjadi pada siswa, dan hasil N-Gain score kelas eksperiment dengan mean\r\nsebesar 0,62 atau 62,72% dengan kateogri tafsiran “cukup efektif”. Sehingga dapat\r\ndisimpulkan bahwa buku ajar Insyā dengan pendekatan HOTS cukup efektif dalam\r\nmeningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran."^^ . "2025-10-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 23204022031"^^ . "Muhammad Hamdani"^^ . "NIM.: 23204022031 Muhammad Hamdani"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Text)"^^ . . . . . "23204022031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74264 \n\nPENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026\n\n" . "text/html" . . . "371.33 Media Pembelajaran" . .