TY - THES N1 - Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. ID - digilib74264 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74264/ A1 - Muhammad Hamdani, NIM.: 23204022031 Y1 - 2025/10/16/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lambatnya perkembangan kemampuan santri, lemahnya struktur kalimat (tark?b al-jumlah) serta kurangnya ide dan kreativitas dalam mengembangkan tulisan serta rendahnya nilai santri. Meskipun sebagian santri mampu menulis kalimat sederhana yang telah mereka pelajari, namun sebagian dari mereka masih mengalami kesulitan saat diminta untuk mengembangkan kalimat dan kosakata tersebut ke dalam bentuk tulisan bahasa Arab yang lebih bervariasi. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan buku ajar Insy? dengan pendekatan HOTS, dan (2) mengetahui efektivitas buku ajar tersebut bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas buku ajar, penelitian menggunakan metode penelitian eksperiment tipe Non- Equivalent Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Ibtida? Pondok Pesantren Ribath Nurul Hidayah Kabupaten Tegal. Pendekatan HOTS digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan buku ajar yang bertujuan mengajarkan Insy? dengan lebih efektif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Kemudian data berupa angka yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test, dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk berupa buku ajar Insy? dengan pendekatan HOTS, Memuat materi kelas V Ibtida? semester ganjil 2) Hasil Analisis buku ajar yang telah dikembangkan berawal hasil uji kelayakan para ahli, terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil presentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai dari ahli media sebesar 86,8%, sedangkan ahli materi sebesar 84,00% dan keduanya termasuk dalam kategori ?sangat layak?. Respon guru dan siswa terhadap media monopoli yang dikembangkan sangat baik. Rata-rata respon guru pada keseluruhan aspek yang dinilai adalah 93%, sedangkan rata-rata respon siswa dari keseluruhan aspek yang dinilai adalah 92,85%. Dengan drajat dari kedua persepsi tersebut yakni ?sangat baik?. Hasil uji T-test data Post-Test kelas eksperimen dan control sebesar 0,001 dengan begitu Ha diterima dan Ho ditolak, berarti dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan terjadi pada siswa, dan hasil N-Gain score kelas eksperiment dengan mean sebesar 0,62 atau 62,72% dengan kateogri tafsiran ?cukup efektif?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar Insy? dengan pendekatan HOTS cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bahan Ajar KW - Buku Ajar KW - HOTS KW - Insya M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BUKU AJAR INSYA DENGAN PENDEKATAN HOTS BAGI SISWA KELAS V IBTIDA PONDOK PESANTREN RIBATH NURUL HIDAYAH KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2025-2026 AV - restricted EP - 179 ER -