TY - THES N1 - Dr. Raden Rachmy Diana S. Psi., M.A.,Psi. ID - digilib74298 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74298/ A1 - Maulida Anisy Kurillah, NIM.: 21107010109 Y1 - 2025/08/12/ N2 - Masa usia dini merupakan periode emas perkembangan anak yang krusial bagi pembentukan kemampuan sosial dan emosional. Salah satu hambatan yang sering muncul adalah keterlambatan bicara, yang dapat mengganggu interaksi, ekspresi emosi, dan hubungan sosial anak. Penelitian ini bertujuan menggambarkan perkembangan sosial emosional anak usia dini dengan keterlambatan bicara, berfokus pada faktor pendukung dan hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi, terhadap tiga anak usia 2?6 tahun dengan speech delay beserta orang tua, guru, dan pihak terkait. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menemukan pola-pola perkembangan sosial-emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan bicara membatasi komunikasi verbal, memicu dua pola respon emosional, yaitu perilaku agresif atau penarikan diri sosial. Faktor pendukung meliputi dukungan keluarga, keterlibatan guru, dan terapi okupasi, sedangkan hambatan mencakup minimnya stimulasi verbal dan lingkungan sosial yang terbatas. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi holistik yang menggabungkan stimulasi bahasa, dukungan emosional, dan lingkungan sosial yang kondusif. Penelitian selanjutnya disarankan mengembangkan model intervensi terpadu lintas profesi untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak dengan keterlambatan bicara. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - anak usia dini; keterlambatan bicara; perkembangan sosial emosional M1 - skripsi TI - PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA AV - restricted EP - 243 ER -