%0 Thesis %9 Skripsi %A Wardah Nafisah, NIM.: 21107010139 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA %D 2025 %F digilib:74300 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kelekatan teman sebaya; school well-being; siswa SMP %P 145 %T HUBUNGAN KELEKATAN TEMAN SEBAYA DAN SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74300/ %X School well-being berperan penting dalam keberhasilan akademik dan perkembangan sosial-emosional siswa. Siswa SMP yang sedang memasuki transisi dari masa kanak-kanak menuju remaja sering kali mengalami perubahan fisik, emosional, dan sosial yang cepat sehingga rentan terhadap permasalahan di sekolah. Hal tersebut akan berdampak pada keterlibatan, kesehatan, hingga kualitas hubungan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan teman sebaya dan school well-being pada siswa SMP di Muntilan, Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 269 siswa SMP di Muntilan, Magelang yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Kelekatan Teman Sebaya dan Skala School Well-being. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kelekatan teman sebaya dan school well-being pada siswa SMP di Muntilan, Magelang dengan p=0,001 (p<0,05). Adapun besar sumbangan efektif kelekatan teman sebaya terhadap school well-being adalah 8,25%. Penelitian ini menggambarkan bahwa kelekatan teman sebaya dapat meningkatkan school well-being, serta menjadi masukan bagi sekolah untuk merancang program peningkatan interaksi antar siswa. %Z Fitriana Widyastuti, S.Psi., M.Psi.