eprintid: 74343 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/43/43 datestamp: 2025-11-11 06:38:47 lastmod: 2025-11-11 06:38:47 status_changed: 2025-11-11 06:38:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Azizatul Masruroh, NIM.: 21104020001 title: TAJRIBAH TARIQAH AL GHANA'I LI TARQIYYAH HUFAZ AL MUFRADAT LADA AL TALABAH AL SAFF AL SABI' FI AL MADRASAH AL QADIR AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH SLEMAN YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025 ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Bernyanyi, Mufradat, Daya Hafal, Bahasa Arab, Eksperimen note: Dr. R. Ujni Baroroh., S.Ag., M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam penguasaan mufradat (kosakata) Bahasa Arab pada siswa, yang seringkali dianggap membosankan dan sulit dihafal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis efektivitas penerapan metode bernyanyi (tariqat al-ghina) dalam meningkatkan daya hafal mufradat siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodir Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode bernyanyi dan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui tes tulis (pre-test dan post-test) dan dianalisis menggunakan uji-t (t-test) untuk membandingkan peningkatan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menghafal mufradat siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, yang dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi dan hasil uji-t yang signifikan secara statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bernyanyi efektif dan tepat digunakan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan daya hafal mufradat Bahasa Arab siswa. date: 2025-07-30 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Azizatul Masruroh, NIM.: 21104020001 (2025) TAJRIBAH TARIQAH AL GHANA'I LI TARQIYYAH HUFAZ AL MUFRADAT LADA AL TALABAH AL SAFF AL SABI' FI AL MADRASAH AL QADIR AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH SLEMAN YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74343/1/21104020001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74343/2/21104020001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf