@phdthesis{digilib74345, month = {March}, title = {FA'ALIYYAH WA SAIT FILM AL MUTAHARRIK AL KARTUNIY AL ASAD WA AL FA'R FI ITQANAL MUFRADAT AL 'ARABIYYAH LI TULAB AL SAF AL THALITH BI MADRASAH AL HUDA AL IBTIDAIYYAH AL ISLAMIYYAH KARANGNONGKO 'AM 2024/2025}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104020002 Fuad Fathanah}, year = {2025}, note = {Dr. Adhi Setiawan, M.Pd.}, keywords = {Film Animasi, Kartun Singa Dan Tikus, Penguasan Kosakata Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74345/}, abstract = {Penguasaan kosakata sangat penting dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa arab, namun banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami dan menguasai kosakata yang dipelajari. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah penggunaan media film animasi kartun efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas III MI Al-Huda Karangnongko Tahun Ajaran 2024/2025, 2) Apakah terdapat perbedaan signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab antara siswa yang menggunakan media film animasi kartun dengan siswa tidak menggunakan media film animasi kartun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan model quasi eksprimen (pretest-posttest). Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab antara siswa yang menggunakan media film animasi kartun dan siswa yang tidak menggunakan film animasi kartun, ranah kognitif kelas eksprimen memiliki kualifikasi ?Sangat baik? dengan rata-rata pretest 69,50 dan posttest 91,00, pada kelas kontrol memiliki kualifikasi ?baik? dengan rata-rata pretest 75,25 dan posttest 79,75. Sedangkan pada hasil uji N-gain tes akhir (posttest) didapatkan nilai rata-rata kelas eksprimen sebesar 0,71 dengan kategorisasi ?tinggi? dan kelas kontrol 0,16 dengan kategorisasi ?rendah? dalam hal ini penggunaan media film animasi kartun singa dan tikus efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Untuk uji normalitas tes akhir (posttest) kelas eksprimen menunjukkan nilai harga p {\ensuremath{>}} 0,05 dengan nilai 0,91 {\ensuremath{>}} 0,05 dan kelas kontrol sebesar 0,241 {\ensuremath{>}} 0,05 maka data tes akhir (posttest) berdistribusi ?normal?. Pada uji homogenitas tes akhir (posttest) menunjukkan nilai sig (based on mean) {\ensuremath{>}} 0,05 dengan nilai 0,006 {\ensuremath{>}} 0,005 maka hasil tersebut ?homogen?. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan ujit menunjukkan nilai sig 2 (tailed) {\ensuremath{<}} 0,005 yaitu dengan nilai 0,003 {\ensuremath{<}} 0,005, dengan taraf signifikasi 5\% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penguasaan kosakata bahasa Arab antara siswa yang menggunakan media film animasi kartun singa dan tikus dengan siswa yang tidak menggunakan media film animasi kartun singa dan tikus.} }