%A NIM.: 21104020020 Dhiya Seffana Ahya %O Dr. Nasiruddin, M.S.I M.Pd. %T FA'ALIYYAH TARIQAH MATABAQAH AL BATAQAH AL FAHRASAH FI TA'LIM MUFRADAT AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI TULAB AL SAFF AL RABI' FI MADRASAH MA'ARIF BEGO AL IBTIDAIYYAH FI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025 %X Penguasaan kosakata sangat penting dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab, namun banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami dan menguasai kosa kata yang dipelajari. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1) apakah penggunaan metode index card match efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Ma’arif Bego Tahun Ajaran 2024/2025, 2) Apakah terdapat perbedaan signifikan penguasaan mufradat bahasa Arab antara kelas eskperimen dan kelas Kontrol. Metode Index Card Match merupakan strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan melalui permainan kartu berisi pasangan pertanyaan dan jawaban, yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVB sebagai kelompok eksperimen dan IVC sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh melalui pretest dan posttest serta dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi (87,00) dibandingkan kelas kontrol (75,80), dengan nilai N-gain sebesar 0,43 (kategori sedang) untuk kelas eksperimen. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,028 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, penggunaan metode Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan mufradat bahasa Arab siswa. %K Index Card Match, Penguasaan Mufradat, Bahasa Arab %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib74348