%0 Thesis %9 Skripsi %A Adinda Fitratunnisa Aulia, NIM.: 21104020064 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:74354 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Microteaching, Kesiapan Mengajar, Mahasiswa PBA, Pembelajaran, Regresi Linier %P 120 %T TA'THIR TA'LIM AL MUSAGHGHAR 'ALA ISTI'DAD LADA TALABAH QISM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI JAMI'AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASY 2021 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74354/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran microteaching dan pengaruhnya terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Regresi Linear Sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 25. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran microteaching memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa dengan kontribusi sebesar 68%, sementara 31,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai sebesar 0,079 yang berarti data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas menghasilkan nilai 0,170 yang menunjukkan hubungan linear. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran microteaching berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PBA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2021. %Z Mahmudah, Lc., M.S.I.