eprintid: 74354 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/43/54 datestamp: 2025-11-11 07:28:16 lastmod: 2025-11-11 07:28:16 status_changed: 2025-11-11 07:28:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Adinda Fitratunnisa Aulia, NIM.: 21104020064 title: TA'THIR TA'LIM AL MUSAGHGHAR 'ALA ISTI'DAD LADA TALABAH QISM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI JAMI'AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASY 2021 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Microteaching, Kesiapan Mengajar, Mahasiswa PBA, Pembelajaran, Regresi Linier note: Mahmudah, Lc., M.S.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran microteaching dan pengaruhnya terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Regresi Linear Sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 25. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran microteaching memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa dengan kontribusi sebesar 68%, sementara 31,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai sebesar 0,079 yang berarti data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas menghasilkan nilai 0,170 yang menunjukkan hubungan linear. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran microteaching berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa PBA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2021. date: 2025-08-14 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Adinda Fitratunnisa Aulia, NIM.: 21104020064 (2025) TA'THIR TA'LIM AL MUSAGHGHAR 'ALA ISTI'DAD LADA TALABAH QISM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI JAMI'AH SUNAN KALIJAGA AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASY 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74354/1/21104020064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74354/2/21104020064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf