%0 Thesis %9 Skripsi %A Furqan Mahmud Hasni, NIM.: 21103040129 %B FAKULTAS SYARI'AH DAN HUKUM %D 2025 %F digilib:74369 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Lembaga Yudikatif; Pembatalan Putusan; BPSK. %P 111 %T ANALISIS PERAN LEMBAGA YUDIKATIF TERHADAP PENGAJUAN PEMBATALAN PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (STUDI PUTUSAN NOMOR 2140 K/Pdt/2016) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74369/ %X Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) berperan sebagai badan yang bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen. Ketika seseorang mengalami kerugian atas keberlangsungan jasa, maka kerugian tersebut dapat diajukan kepada BPSK. Sejalan dengan hal tersebut, ketika seseorang tidak setuju terhadap keputusan BPSK atas aduanya, maka ia berhak mengajukan upaya hukum lanjutan kepada lembaga yudikatif. Dalam hal lembaga yudikatif berperan untuk menyelesaikan sengketa jika syarat dan ketentuan menurut Undang-undangnya telah memenuhi ketentuan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lembaga yudikatif mengimplementasikan berbagai regulasi terkait dalam putusan BPSK Nomor 16/BPSK-Yk/X/2012 dan menganalisis representasi nilai keadilan, kepastian, serta kemanfaatan hukum yang diterima oleh para pihak yang terlibat dalam Putusan Nomor 2140 K/Pdt/2016. Penelitian ini, menggunakan teori kewenagan, teori keadilan, teori kepastian, dan teori kemanfaatan hukum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif melalui penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menganalisis, serta membandingkan bagaimana regulasi yang berlaku didukung dengan bahan hukum seperti buku dan jurnal. Selanjutnya, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini tertuju pada keputusan BPSK bersifat final dan mengikat, lembaga yudikatif dapat bertindak untuk menyelesaikan sengketa jika sesuai dengan ketentuan undang-undang, tindak konsumen dapat merugikan dirinya sendiri jika melakukan pengajuan keberatan tanpa memperhatikan ketentuan formil yang berlaku. Dalam kasus Sujoko Suwon melawan PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk., berkedudukan di Jalan Cik Ditiro Nomor 3, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lembaga yudikatif telah mereprensentasikan nilai keadilan karena dalam hal ini pemohon tidak melakukan upaya hukum dengan sesuai pada undang-undang perlindungan konsumen (UUPK), keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum di analisis berdasarkan dengan teori-teori yang sesuai, yang merujuk pada peraturan perundang-undangan. %Z Dr. Sri Wahyuni, S.Ag., M.Ag., M.Hum.