<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS)"^^ . "Saat ini, masih banyak restoran yang mencantumkan label ‘no pork no\r\nlard’ sebagai bentuk informasi kepada konsumen, khususnya pelanggan\r\nmuslim, bahwa makanan yang disajikan tidak mengandung daging babi maupun\r\nminyaknya. Namun, label ini tidak dapat menjamin bahwa seluruh menu yang\r\nditawarkan benar-benar halal. Sebab, dalam ajaran Islam, yang diharamkan\r\ntidak hanya sebatas pada babi dan minyaknya, tetapi juga mencakup khamar.\r\nBerdasarkan realitas tersebut, penelitian ini berfokus pada fenomena Restoran\r\nJepang All You Can Eat yang mengklaim no pork no lard. Mengingat bahwa\r\ndalam kuliner Jepang, penggunaan arak masak (angciu, mirin, sake, dll)\r\nmerupakan hal yang lazim, dan ini menjadi titik kritis kehalalan makanan.\r\nKondisi ini menjadi persoalan karena masih banyak masyarakat muslim yang\r\nbelum menyadari adanya unsur khamar dalam proses pengolahan makanan di\r\nrestoran semacam ini.\r\nPenelitian ini memiliki dua rumusan masalah: Pertama, bagaimana\r\npemaknaan hadis tentang keharaman khamar dengan menggunakan metode\r\nMuhammad al-Ghazali. Kedua, bagaimana kontekstualisasi hadis tentang\r\nkeharaman khamar dengan Restoran Jepang All You Can Eat yang mengklaim\r\nno pork no lard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan\r\nmenerapkan teori Muhammad al-Ghazali yang memiliki empat kriteria\r\npemahaman hadis, di antaranya: kesesuaian matan hadis dengan al-Qur’an,\r\nkesesuaian matan hadis dengan hadis sahih lainnya, kesesuaian matan hadis\r\ndengan fakta sejarah, dan kesesuaian matan hadis dengan kebenaran ilmiah.\r\nTeori ini dipilih karena memiliki kontribusi secara ilmiah, memiliki literatur\r\npendukung, serta membantu memahami fenomena yang menjadi fokus\r\npenelitian.\r\nPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran\r\nmasyarakat muslim agar lebih selektif dalam memilih makanan, serta\r\nmemprioritaskan label halal dibanding hanya berpatokan pada klaim no pork no\r\nlard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh dalil, baik al-Qur’an\r\nmaupun Hadis, mengharamkan khamar secara mutlak, terlepas dari jenis,\r\nbentuk, ataupun jumlahnya.\r\nKata Kunci: Khamar, Restoran Jepang, Muhammad al-Ghazali."^^ . "2025-07-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21105050027"^^ . "Anggia Wulandari"^^ . "NIM.: 21105050027 Anggia Wulandari"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Text)"^^ . . . . . "21105050027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Text)"^^ . . . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR\r\n(STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #74372 \n\nHADIS TENTANG KEHARAMAN KHAMAR \n(STUDI MA’ANIL HADIS)\n\n" . "text/html" . . . "297.21 Ilmu Hadis" . .