eprintid: 74411 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/44/11 datestamp: 2025-11-13 08:05:18 lastmod: 2025-12-08 07:34:21 status_changed: 2025-12-08 07:34:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Muhammad Aufa Mafaza Yusron, NIM.: 21102010092 title: REPRESENTASI NILAI AKHLAK ISLAM DALAM KONTEN EKSPERIMEN SOSIAL TIKTOK DI AKUN @BONDANGEMOY ispublished: pub subjects: 297.60 divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Akhlak Islam, Eksperimen Sosial, Tiktok, Semiotika, Representasi. note: Nanang Mizwar H., S.Sos., M.Si. abstract: Konten eksperimen sosial di akun TikTok @BondanGemoy menawarkan model dakwah digital yang berbeda dari format ceramah konvensional, dengan secara implisit menyampaikan nilai-nilai akhlak Islam. Penelitian ini berangkat dari pertanyaan utama yaitu, Bagaimana nilai-nilai akhlak Islam direpresentasikan dalam konten eksperimen sosial di akun TikTok @BondanGemoy? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis semiotik dan representasi. Semiotika Roland Barthes digunakan sebagai pisau analisis video untuk mengidentifikasi makna denotasi, konotasi, dan mitos dari video, sedangkan teori representasi Stuart Hall untuk membedah bagaimana makna dikonstruksi. Subjek penelitian ini adalah video eksperimen sosial yang diunggah oleh akun @BondanGemoy, sedangkan objek penelitian ini adalah representasi nilai akhlak Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten akun @BondanGemoy merepresentasikan nilai-nilai akhlak islam, khususnya ta’awun (tolong-menolong) dan sidq (kejujuran) dengan menempatkan "orang kecil" atau masyarakat kelas pekerja sebagai pelaku utama orang yang berakhlak. Melalui narasi visual dan verbal, semua video tersebut membongkar mitos bahwa kesulitan ekonomi berbanding lurus dengan degradasi akhlak. Lalu penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai ta’awun dan sidq direpresentasikan bukan sebagai amal dari kelompok superior, melainkan sebagai wujud solidaritas dan integritas yang melekat pada masyarakat biasa. Hal ini sesuai dengan akhlak islam yang tidak ditentukan oleh kekayaan atau kedudukan sosial. Kata Kunci: Akhlak Islam, Eksperimen Sosial, Tiktok, Semiotika, Representasi. date: 2025-08-19 date_type: published pages: 123 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Aufa Mafaza Yusron, NIM.: 21102010092 (2025) REPRESENTASI NILAI AKHLAK ISLAM DALAM KONTEN EKSPERIMEN SOSIAL TIKTOK DI AKUN @BONDANGEMOY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74411/1/21102010092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74411/2/21102010092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf