@incollection{digilib74414, month = {April}, author = {- Muhammad Irfai Muslim}, booktitle = {Manajemen Pendidikan}, address = {Sumatera Barat}, title = {PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA}, publisher = {CV. Afasa Pustaka}, pages = {64--91}, year = {2025}, keywords = {Sumber Daya Manusia, SDM, Pengembangan, Pelatihan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74414/}, abstract = {Pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia secara berkelanjutan merupakan fondasi utama dalam membangun dunia pendidikan yang tangguh dan adaptif terhadap perubahan zaman. Guru, tenaga kependidikan, dan seluruh pelaku pendidikan membutuhkan dukungan terusmenerus dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme agar mampu mendampingi peserta didik secara optimal dalam menghadapi tantangan masa depan. Tentu upaya ini tidak dapat berjalan sendiri. Kolaborasi serta komitmen bersama dapat mewujudkan generasi masa depan yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi dunia yang terus berkembang. Kemajuan dunia pendidikan juga membutuhkan dukungan konkret dari semua lini: kebijakan yang berpihak dari pemerintah, komitmen pengelola lembaga pendidikan, kolaborasi dengan dunia usaha dan industri, serta partisipasi aktif masyarakat sebagai bagian dari menciptakan ekosistem pembelajaran sepanjang hayat dan juga pendidikan yang inklusif dan progresif. Dinamika global yang kian kompleks dan cepat berubah, pendidikan menjadi garda terdepan dalam menciptakan peradaban yang unggul dan berdaya saing. Pendidikan yang bermutu tidak lahir dari sistem yang statis, melainkan yang terus tumbuh dan terus belajar, berkembang, yang berpijak pada investasi berkelanjutan terhadap sumber daya manusianya. Pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia di sektor pendidikan bukan sekadar pelengkap administratif, tetapi merupakan kebutuhan esensial dalam membangun kapasitas institusional dan personal. Guru dan tenaga kependidikan bukan hanya pelaku teknis, melainkan agen transformasi yang menentukan arah kemajuan bangsa. Tanpa kompetensi yang terus diperbarui, mereka akan terjebak dalam rutinitas, sementara dunia dan peserta didik terus bergerak maju. Strategi pembangunan pendidikan harus memuat dimensi penguatan SDM secara sistemik dan berkelanjutan. Kemajuan pendidikan tidak dapat hanya diukur dari capaian akademik semata, melainkan dari seberapa besar kita mampu menciptakan sistem yang memberdayakan manusia seutuhnya. Membangun lembaga Pendidikan dimulai dengan membentuk peradaban pembelajar yang berakar pada pengetahuan, berbuah pada kemanusiaan, untuk menuju masa depan. Pengembangan dan pelatihan SDM di sektor pendidikan merupakan aspek yang esensial dalam menciptakan generasi yang inovatif dan siap bersaing di tingkat global. Dengan dukungan yang kokoh dari semua pihak, kita dapat mencapai tujuan ini dan menjadikan pendidikan sebagai investasi terbaik untuk masa yang akan datang menuju Indonesia emas tahun 2045} }