eprintid: 74426 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/44/26 datestamp: 2025-11-17 02:41:52 lastmod: 2025-11-17 02:41:52 status_changed: 2025-11-17 02:41:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Mohammad Ainun Rofiq, NIM.: 23200011023 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS NILAI ISLAM DI PESANTREN AINUL YAQIN: ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK ispublished: pub subjects: 320.6 divisions: pr_IPKP full_text_status: restricted keywords: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif, Pesantren, Nilai-Nilai Islam, Thomas B. Smith note: Ahmad Norma Permata, S.Ag., M.A., Ph.D. abstract: Implementasi kebijakan pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi kesenjangan signifikan antara kebijakan formal dengan praktik lapangan, terutama di lembaga pendidikan berbasis agama. Fenomena unik muncul di Pesantren Ainul Yaqin Gunungkidul yang memulai pendidikan inklusif sejak 2005, sebelas tahun sebelum UU No. 8/2016 diterbitkan, menciptakan paradoks implementasi bottom-up yang memerlukan kajian mendalam tentang bagaimana nilai-nilai Islam dapat menjadi enabler kebijakan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal, menganalisis implementasi melalui kerangka teoretis Thomas B. Smith yang mengkaji interaksi dinamis antara kebijakan ideal, kelompok sasaran, organisasi pelaksana, dan faktor lingkungan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengasuh pesantren, ustadz, dan perwakilan pemerintah, observasi partisipatif, serta analisis dokumentasi selama periode Februari-Mei 2025. Temuan menunjukkan terjadinya inversi arah implementasi dimana pesantren menjadi pencipta kebijakan organik berbasis nilai spiritual Islam. Sintesis nilai rahmat, ta'awun, dan keadilan dengan budaya Jawa menciptakan metodologi inovatif BMS (Baik, Mulia, Sempurna) dan Habitual Learning. Sistem klasifikasi dinamis (Serba Bantu, Arahan Bantu, Mandiri) memungkinkan mobilitas berdasarkan perkembangan santri tanpa segregasi. Penelitian ini penting karena menunjukkan bahwa pendidikan inklusif yang berhasil tidak selalu harus mengikuti pola pemerintah, tetapi bisa dikembangkan dari bawah berdasarkan nilai-nilai luhur yang diyakini masyarakat. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif, Pesantren, Nilai-Nilai Islam, Thomas B. Smith date: 2025-07-07 date_type: published pages: 182 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: mphil citation: Mohammad Ainun Rofiq, NIM.: 23200011023 (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS NILAI ISLAM DI PESANTREN AINUL YAQIN: ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74426/1/23200011023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74426/2/23200011023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf