TY - THES N1 - Prof. Dr. H. Suyadi, M. A. ID - digilib74438 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74438/ A1 - Hasanah, NIM.: 20300011038 Y1 - 2025/08/29/ N2 - Sistem pendidikan di Indonesia, bila ditinjau dari jumlah muatan kurikulum lebih banyak dibandingkan negara-negara berkembang lainnya seperti Filipina, Thailand dan Malaysia. Kurikulum kita terlalu padat dari sisi kuantitas, jadi kurang mengakomodasi minat dan bakat individu anak. Pendekatan pembelajaran yang lebih berfokus pada keberagaman kecerdasan anak, seperti teori kecerdasan majemuk, diharapkan dapat menjawab tantangan ini. Pembelajaran yang berbasis pada profesi menjadikan anak akan lebih terdorong untuk berkarya sesuai dengan gairah dan potensinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran multiple intelligences berbasis zona profesi pada PAUD Inklusi dan Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta, Tangerang Selatan melalui tahap analisis kebutuhan, desain model, analisis kelayakan model melalui expert judgment dan melakukan uji coba dan efektivitas model pembelajarannya. Jenis penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini mengadopsi desain model ADDIE dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, para guru dan siswa-siswi di dua sekolah, sedangkan data sekunder terdiri dari data-data penunjang yang ada relevansinya dengan penelitian ini, seperti buku referensi, artikel jurnal, dan dokumen-dokumen pembelajaran PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kombinasi teknik, yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama dari keseluruhan tahap yang dijalankan oleh penulis, mulai tahap pembuatan buku panduan guru yang terdiri dari desain program semester, program mingguan, harian, dan bentuk penilaian pembelajaran, juga kelayakan model melalui expert judgment. Pengembangan model ini PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Learning Model KW - Multiple Intelligences KW - Profession M1 - doctoral TI - PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES BERBASIS ZONA PROFESI Studi Kasus pada PAUD Inklusi Bumi Bambini Children Center dan RA Labschool IIQ Jakarta Tangerang Selatan AV - restricted EP - 432 ER -