%0 Thesis %9 Skripsi %A Findi Risalatul Hazmi, NIM.: 21104020073 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:74482 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penguasaan Qawaid, Maharah Qiraah, Teori Kontruktivisme %P 124 %T TA’TSIR ITQAN AL-QAWAID ALA MAHARAT AL-QIRAAH LADA TULLAB AS-SAFF AL-KHAMIS KULLIYYAT AL-MUALLIMAT AL-ISLAMIYYAH IBN AL-QAYYIM LIL-BANAT YOGYAKARTA AL-AM AD-DIRASI 2024/2025: BI MURAJAAH AL-MANZUR AN-NAZARIYYAH AL-BINA’IYYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74482/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana Pengaruh Penguasaan Qawaid Terhadap Maharah Qiraah Pada Siswa Kelas 5 Kuliyat Muallimat Islamiyah Ibnu Qoyyim Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025 Tinjauan Perspektif Teori Kontruktivitas. 2) Mengetahui Bagaimana Kemampuan Maharah Qiraah Perspektif Teori Kontruktivisme Pada Siswa Kelas 5 Kuliyat Muallimat Islamiyah Ibnu Qoyyim Putri Yogyakarta Di Tahun Ajaran 2024/2025. 3) Mengetahui Pengaruh penguasaan qawaid terhadap Maharah Qiraah Perspektif Teori Kontruktivisme Pada Siswa Kelas 5 Kuliyat Muallimat Islamiyah Ibnu Qoyyim Putri Yogyakarta Di Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu guru bahasa Arab dan siswa kelas 5 A dan 5 B 5 Kuliyat Muallimat Islamiyah Ibnu Qoyyim Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025 dengan metode pengumpulan data menggunakan metode Tes, wawancara, Angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik infernsial, dan analisis data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penguasaan qawaid terhadap maharah qiraah yaitu dapa membantu siswa memahami struktur kalimat, makna kata, dan relasi antar unsur dalam teks. adapun kemampuan maharah qiraah tinjauan perspektif teori kontruktivisme pada siswa adalah siswa dapat meningkatkan pemahaman secara aktif, kritis, dan mendalam. Siswa tidak hanya tahu arti kata, tetapi memahami konteks, menyusun makna, dan mengkritisi isi teks. Berdasarkan acuan standar pengukuran terhadap tingkat penguasaan kaidah tata bahasa Arab (qawāʿid) serta keterampilan membaca teks berbahasa Arab (maharah qirāʾah). %Z Prof. Dr. H. Tulus Musthofa, Lc., M.A.