TY - THES N1 - Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd. ID - digilib74498 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74498/ A1 - Yulva Maya Padilah, NIM.: 23204022029 Y1 - 2025/11/11/ N2 - Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dari permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Bantul, di mana guru masih mengandalkan buku ajar sebagai satu-satunya media pembelajaran. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya antusiasme siswa dan kesulitan mereka dalam memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital Genially dalam pembelajaran mah?rah qir??ah dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Media ini diharapkan mampu menjadi alternatif inovatif yang menyajikan materi secara lebih menarik, sistematis, dan interaktif, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Bantul, dengan kelas XI.2 sebagai kelompok kontrol dan XI.3 sebagai kelompok eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 23 melalui beberapa uji statistik, yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, independent sample t-test, serta perhitungan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk akhir berupa media digital pembelajaran mah?rah qir??ah yang memuat materi kelas XI yang terdiri dari 4 tema. Hasil analisis media digital Genially yang telah dikembangkan berawal dari uji kelayakan para ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata keseluruhan aspek yang dinilai dari ahli materi 89,9% kategori ?sangat baik?. Sedangkan ahli media sebesar 95,3% kategori ?sangat baik?. (2) uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar mah?rah qir??ah siswa, dengan nilai signifikansi pada uji independent sample t-test sebesar 0,000 (<0,05), dan uji N-Gain score kelompok eksperimen sebesar 77,50% kategori ?efektif? dan kelompok kontrol hanya 34,68% kategori ?kurang efektif?. Berdasarkan data tersebut, media digital Genially terbukti dapat menjadi media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran mah?rah qir??ah siswa secara lebih interaktif dan merata. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Digital KW - Genially KW - Pembelajaran Maharah Qira?ah KW - Pendekatan Kontekstual M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA?AH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL AV - restricted EP - 192 ER -