@phdthesis{digilib74505, month = {August}, title = {PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBIASAAN {\d S}ALAT {\d D}HUHA DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV DI MI MA?ARIF DUKUN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104080089 Anam Faiq Nur Muhamad}, year = {2025}, note = {Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.}, keywords = {Pembiasaan {\d S}alat {\d D}huha, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74505/}, abstract = {Pembentukan karakter peserta didik merupakan tujuan utama pendidikan di sekolah dasar, MI Ma?arif Dukun merupakan salah satu sekolah yang konsisten dalam membangun karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya pembiasaan {\d S}alat {\d D}huha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pelaksanaan pembiasaan {\d S}alat {\d D}huha terhadap perkembangan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan 18 siswa kelas 4, guru, dan 3 wali murid. Analisis data menggunakan model Miles \& Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber dengan membandingkan informasi dan bukti terkait pelaksanaan pembiasaan {\d S}alat {\d D}huha di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan {\d S}alat {\d D}huha Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan {\d S}alat {\d D}huha memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Disiplin terlihat dari kebiasaan siswa melaksanakan {\d S}alat {\d D}huha tepat waktu, mengatur waktu antara bermain, belajar, dan beribadah, serta mematuhi aturan sekolah. Tanggung jawab siswa tampak dari kesanggupan mereka menyelesaikan tugas dan melaksanakan {\d S}alat {\d D}huha dengan kesadaran sebagai kewajiban seorang muslim. Kegiatan ini juga menumbuhkan sikap menghargai waktu, tanggung jawab beribadah, serta perilaku yang lebih religius, sehingga efektif dalam mendukung pembentukan karakter siswa yang mandiri dan agamis di lingkungan sekolah.} }