eprintid: 74507 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/45/07 datestamp: 2025-12-03 03:16:18 lastmod: 2025-12-03 03:22:54 status_changed: 2025-12-03 03:16:18 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Melyka Anindya Pramono, NIM.: 22104080012 title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PERMAINAN PETUALANGAN EDUKASI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS III SD/MI ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: LKPD, Permainan Petualangan Edukasi, Teams Games Tournament, Siklus Hidup Hewan note: Dr. Fitri Yuliawati, M.Pd.Si. abstract: Kurangnya LKPD yang kontekstual dan menarik menjadi kendala dalam pembelajaran di sekolah dasar. Bahan ajar yang efektif perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Anak usia 7–11 tahun berdasarkan teori Hurlock juga senang belajar yang bersifat menjelajah melalui permainan dan kegiatan kelompok. Oleh karena itu, dikembangkan LKPD berbasis permainan petualangan edukasi dengan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kolaborasi dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan, (2) menilai kelayakan, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD, dan (4) mengetahui hasil pengembangan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket skala Likert untuk penilaian ahli media, materi, bahasa, dan respon guru, serta skala Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik. Uji coba dilakukan pada 15 peserta didik kelas III, dengan data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis melalui perhitungan persentase keidealan guna menentukan kelayakan LKPD. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik kelas III memerlukan LKPD yang variatif, interaktif, dan kontekstual dengan visual yang menarik agar lebih mudah memahami materi siklus hidup hewan serta terlibat aktif dalam pembelajaran (2) Hasil penilaian ahli materi, media, dan bahasa memperoleh skor rata rata 4,26 dengan rata-rata presentase validasi 85,32% dengan kategori “Sangat Valid.” (3) Respon guru memperoleh skor presentase 90% dengan kategori “Sangat Baik.” Respon peserta didik menunjukkan persentase 100% dengan kategori “Positif.” (4) Telah dikembangkan LKPD berbasis permainan Petualangan Edukasi dengan model Cooperative Learning tipe TGT pada materi Siklus Hidup Hewan kelas III SD/MI. Produk ini disajikan dalam bentuk elektronik dan dilengkapi barcode pada LKPD panduan guru untuk memudahkan akses, unduh, dan pencetakan. LKPD terdiri atas empat pos tantangan yaitu kartu informasi, benar atau salah, menggambar siklus hidup hewan, dan soal sehingga LKPD sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, LKPD berbasis permainan petualangan Edukasi menggunakan model cooperative learning tipe TGT dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar inovatif di kelas III SD/MI. date: 2025-11-10 date_type: published pages: 182 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Melyka Anindya Pramono, NIM.: 22104080012 (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PERMAINAN PETUALANGAN EDUKASI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS III SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74507/11/22104080012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74507/2/22104080012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf