%0 Thesis %9 Masters %A Wirdatul Hasanah., NIM.: 23204081011 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:74543 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K komik; literasi keuangan; pemahaman konsep matematika %P 165 %T PENGEMBANGAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS III MI/SD %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74543/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan komik untuk meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman konsep matematika, 2) mengetahui kelayakan komik dalam meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman konsep materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas III MI/SD, 3) mengetahui keefektifan komik dalam meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman konsep materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas III MI/SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi dan wawancara. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data pretest dan postest pemahaman konsep dan literasi keuangan dengan menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon berbantuan SPSS versi 25. Efektivitas media komik dianalisis menggunakan uji N-gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) komik yang dikembangkan terdiri dari 5 judul cerita yang mengintegrasikan literasi keuangan pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas III MI/SD, 2) Media komik dikategorikan layak berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 96,92%, ahli materi sebesar 76,60%, ahli bahasa sebesar 93,30% dan ahli literasi keuangan sebesar 86,60%, praktisi sebesar 95,55%, dan end user (siswa) sebesar 82,53%, 3) Efektivitas komik dalam meningkatkan literasi keuangan diperoleh skor n gain sebesar 0,426 (kurang efektif) dan pemahaman konsep sebesar 0,324 (tidak efektif). %Z Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.