@mastersthesis{digilib74646, month = {August}, title = {ANTESEDEN KINERJA GURU SMP-MTsN DI KOTA TANJUNGPINANG: KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI KERJA, IKLIM KERJA, DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23204091012 Bayu Rahmat Pratama}, year = {2025}, note = {Dr. Nur Saidah, M.Ag.}, keywords = {Kinerja Guru, Komitmen Kerja, Kompetensi Kerja, Iklim Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tanjungpinang}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74646/}, abstract = {Kinerja guru merupakan faktor krusial dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama di wilayah kepulauan seperti Tanjungpinang yang menghadapi tantangan geografis, dan keterbatasan akses sumber daya. Studi pendahuluan menunjukkan 32?40\% siswa tidak puas dengan kinerja guru misalnya dalam metode mengajar monoton, penjelasan kurang detail, dan 55?70\% guru membutuhkan pelatihan peningkatan kompetensi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh komitmen kerja, kompetensi kerja, iklim kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah sebagai anteseden kinerja guru SMP/MTsN di Tanjungpinang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel terdiri dari 155 guru SMP/MTsN di Tanjungpinang yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan via kuesioner online (56 butir pernyataan skala Likert) dan dianalisis dengan software Smart-PLS 4.0. Validitas dan reliabilitas instrumen terkonfirmasi (Cronbach?s Alpha {\ensuremath{>}} 0.90, AVE {\ensuremath{>}} 0.5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,000 dan besar pengaruh 0,309; (2) Kompetensi kerja juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 dengan besarnya pengaruh 0,154); (3) Iklim kerja berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,003 dan pengarunya sebesar 0,143); dan (4) Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi dan pengaruhnya sebesar 0,128. Meskipun demikian, keempat variabel tersebut secara bersama-sama hanya mampu menjelaskan 14\% dari variasi kinerja guru, yang mengindikasikan adanya faktor-faktor lain di luar model yang perlu dieksplorasi lebih lanjut (misalnya: motivasi intrinsik, beban kerja). Kata kunci: Kinerja Guru, Komitmen Kerja, Kompetensi Kerja, Iklim Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tanjungpinang.} }