@phdthesis{digilib74655, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NARATIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080081 Agni Bintan Nursania}, year = {2025}, note = {Nisa Syuhda, S.S., M. Hum.}, keywords = {role\$ playing, motivasi be\$lajar, te\$ks}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74655/}, abstract = {Pe\$ne\$litian ini dilatarbe\$lakangi ole\$h beberapa faktor diantaranya re\$ndahnya motivasi be\$lajar siswa dalam pe\$mbe\$lajaran bahasa Indone\$sia, serta kurangnya variasi me\$tode\$ pe\$mbe\$lajaran yang me\$libatkan partisipasi aktif siswa. Ole\$h kare\$na itu, pe\$ne\$litian ini be\$rtujuan untuk me\$nge\$tahui e\$fe\$ktivitas me\$tode\$ role\$ playing (be\$rmain pe\$ran) dalam me\$ningkatkan motivasi be\$lajar siswa ke\$las III Se\$kolah Dasar pada pe\$mbe\$lajaran te\$ks naratif. Me\$tode\$ pe\$ne\$litian yang digunakan adalah me\$tode\$ kuantitatif de\$ngan de\$sain pre\$-e\$xpe\$rime\$ntal be\$rbe\$ntuk one\$ group pre\$te\$st-postte\$st de\$sign. Subje\$k pe\$ne\$litian ini adalah 25 orang siswa ke\$las III SD, yang dipilih se\$cara ke\$se\$luruhan. Te\$knik pe\$ngumpulan data dilakukan me\$lalui pre\$te\$st dan postte\$st, angke\$t motivasi be\$lajar, obse\$rvasi, dan wawancara. Data dianalisis se\$cara kuantitatif de\$ngan me\$mbandingkan hasil pre\$te\$st dan postte\$st, se\$rta didukung ole\$h data kualitatif dari obse\$rvasi dan wawancara. Hasil pe\$ne\$litian me\$nunjukkan bahwa te\$rjadi pe\$ningkatan motivasi be\$lajar siswa se\$be\$sar 10,24\% se\$te\$lah dite\$rapkan nya me\$tode\$ role\$ playing. Pe\$ningkatan ini te\$rlihat dari pe\$rubahan sikap siswa yang me\$njadi le\$bih aktif, antusias, dan pe\$rcaya diri saat me\$ngikuti pe\$mbe\$lajaran te\$ks naratif. Se\$lain itu, angke\$t dan obse\$rvasi me\$nunjukkan adanya re\$spons positif dari siswa te\$rhadap me\$tode\$ yang digunakan. De\$ngan de\$mikian, dapat disimpulkan bahwa me\$tode\$ role\$ playing e\$fe\$ktif digunakan se\$bagai strate\$gi pe\$mbe\$lajaran untuk me\$ningkatkan motivasi be\$lajar siswa, khususnya dalam pe\$mbe\$lajaran Bahasa Indone\$sia pada mate\$ri te\$ks naratif. Me\$tode\$ ini juga dapat me\$mbe\$rikan pe\$ngalaman be\$lajar yang le\$bih me\$nye\$nangkan, be\$rmakna, dan konte\$kstual bagi siswa se\$kolah dasar. Kata kunci: role\$ playing} }