eprintid: 74663 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/46/63 datestamp: 2025-12-16 08:30:12 lastmod: 2025-12-16 08:30:12 status_changed: 2025-12-16 08:30:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Shalsa Pramaysella Putri, NIM.: 21104050003 title: PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN QR CODE UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Energi Terbarukan, Keterampilan Kolaborasi, Modul Fisika, Project Based Learning, QR Code note: Iva Nandya Atika, S.Pd., M.Ed. abstract: Pembelajaran fisika di tingkat SMA masih belum sepenuhnya mengembangkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya pengalaman siswa dalam bekerja secara berkelompok, kurang terstrukturnya pembagian peran antaranggota tim, serta bahan ajar yang belum dirancang untuk mendorong kegiatan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika berbasis Project Based Learning (PjBL) berbantuan QR Code pada materi energi terbarukan, mengetahui kualitas modul, respon peserta didik terhadap modul, serta keterlaksanaan keterampilan kolaborasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi instrumen dan produk, lembar penilaian kualitas modul, lembar respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan keterampilan kolaborasi. Validasi dilakukan menggunakan analisis tematik. Penilaian kualitas, respon peserta didik dan keterlaksanaan keterampilan kolaborasi menggunakan skala likert 4. Hasil penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memperoleh skor rerata masingmasing 3,90; 3,59; dan 3,90 dengan kategori Sangat Baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dan luas memperoleh skor rerata 3,50 dan 3,41 dengan kategori Sangat Setuju. Skor keterlaksanaan keterampilan kolaborasi sebesar 0,99 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dengan demikian, modul fisika berbasis Project Based Learning berbantuan QR Code dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk memfasilitasi keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi energi terbarukan di SMA/MA. Kata Kunci: Energi Terbarukan, Keterampilan Kolaborasi, Modul Fisika, Project Based Learning, QR Code date: 2025 date_type: published pages: 164 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Shalsa Pramaysella Putri, NIM.: 21104050003 (2025) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN QR CODE UNTUK MEMFASILITASI KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74663/1/21104050003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74663/2/21104050003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf