eprintid: 74664 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/46/64 datestamp: 2025-12-16 08:39:58 lastmod: 2025-12-16 08:39:58 status_changed: 2025-12-16 08:39:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Dhea Ika Felisa, NIM.: 21104040049 title: PENGEMBANGAN E-LKPD UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: e-LKPD, kemampuan literasi numerasi, statistika note: Iqbal Ramadani, M.Pd. abstract: Kemampuan literasi numerasi merupakan dasar dalam pembelajaran matematika yang berperan untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs). e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dapat digunakan untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi statistika yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari fase Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari dua dosen pendidikan matematika sebagai validator ahli, pendidik matematika sebagai penilai kepraktisan, serta peserta didik kelas VIII B SMP Diponegoro 7 Gumelar tahun ajaran 2024/2025 sebagai penilai keefektifan produk. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi e-LKPD untuk ahli materi dan ahli media, angket respon untuk pendidik dan peserta didik, serta soal posttest kemampuan literasi numerasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan e-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan e-LKPD diperoleh dari hasil penilaian ahli materi sebesar 26,98 dari 31,77 (kategori cukup baik) dan ahli media sebesar 14,79 dari 17,66 (kategori cukup baik). Kepraktisan e-LKPD ditunjukkan melalui hasil respon pendidik dengan persentase kepraktisan sebesar 77,74% (kategori baik) dan persentase kepraktisan berdasarkan respon peserta didik sebesar 71,11% (kategori baik). Keefektifan produk dibuktikan melalui hasil posttest kemampuan literasi numerasi yang menunjukkan bahwa 78,26% peserta didik mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) ≥ 70 (kategori baik). Dengan demikian, e-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi statistika. Kata Kunci: e-LKPD, kemampuan literasi numerasi, statistika date: 2025-08-06 date_type: published pages: 335 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dhea Ika Felisa, NIM.: 21104040049 (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74664/1/21104040049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74664/2/21104040049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf