<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self awareness, self\r\nconfidence, dan self regulated learning terhadap kemampuan pemahaman konsep\r\nmatematis siswa. Kemampuan pemahaman konsep merupakan aspek penting dalam\r\npembelajaran matematika. Namun, masih banyak siswa di Indonesia yang\r\nmenunjukkan capaian rendah dalam aspek ini. Tiga faktor psikologis internal self\r\nawareness (kesadaran diri), self confidence (kepercayaan diri), dan self regulated\r\nlearning (kemandirian belajar) diidentifikasi memiliki peran penting dalam\r\nmenunjang pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan\r\nkuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas\r\nX dari tiga sekolah di Kecamatan Palabuhanratu yaitu: MAN 2 Sukabumi, SMAN\r\n1 Pelabuhan Ratu, dan SMA Nurul Huda.\r\nUntuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan tes kemampuan\r\npemahaman konsep matematis dan angket untuk mengukur ketiga variabel bebas.\r\nData yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling\r\nPartial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara\r\nparsial, self awareness, self confidence, dan self regulated learning tidak memiliki\r\npengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis\r\nsiswa. Meskipun demikian, ditemukan hubungan yang signifikan antara self\r\nawareness dan self confidence terhadap self regulated learning. Kedua variabel ini\r\nsecara simultan mampu menjelaskan 58,1% variasi dalam self regulated learning.\r\nNamun, self regulated learning tidak berhasil memediasi pengaruh self awareness\r\nmaupun self confidence terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.\r\nSecara keseluruhan, temuan ini menyimpulkan bahwa model prediksi yang\r\ndigunakan belum cukup kuat. Ketiga variabel independen (self awareness, self\r\nconfidence, dan self regulated learning) hanya mampu menjelaskan 2,7% variasi\r\ndalam kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil ini menyiratkan bahwa\r\npengaruh faktor psikologis tersebut terhadap pemahaman konsep matematis\r\nmungkin lebih kompleks, dan kemungkinan ada variabel mediasi lain yang lebih\r\nrelevan yang tidak diuji dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya\r\nperlu dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang lebih dominan\r\ndalam memengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, serta untuk\r\nmenguji model mediasi alternatif dengan menjadikan self awareness dan self\r\nconfidence sebagai variabel mediator.\r\nKata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, self awareness,\r\nself confidence, dan self regulated learning"^^ . "2025-08-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21104040008"^^ . "Miranti"^^ . "NIM.: 21104040008 Miranti"^^ . . . . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "21104040008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf"^^ . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE,\r\nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN\r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #74667 \n\nPENGARUH SELF AWARENESS, SELF CONFIDENCE, \nDAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN \nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA\n\n" . "text/html" . . . "510.7 Pendidikan Matematika" . .