TY - THES N1 - Dr. Hafidh 'Aziz, M.Pd.I. ID - digilib74668 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74668/ A1 - Puji Rahmawati, NIM.: 21104030075 Y1 - 2025/08/14/ N2 - Pendidikan karakter di Indonesia saat ini menghadapi tantangan serius akibat kurangnya koordinasi antar lembaga pendidikan, perbedaan pandangan antara sekolah dan keluarga, serta minimnya keterlibatan orang tua yang terhambat kesibukan kerja dan pengaruh media sosial. Peran guru disekolah tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada anak muridnya. Guru memiliki peran yang sangat relevan dalam pendidikan karakter religius anak usia dini. Melalui living hadis, anak-anak diberi kesempatan untuk membiasakan diri dengan menerapkan nilai-nilai moral dan ajaran konstruktif yang sesuai dengan Al-Qur?an dan hadis. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menerapkan living hadis untuk membentuk karakter religius anak usia dini di TK ABA Rejowinangun, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali lebih mendalam mengenai peran dan strategi yang digunakan guru dalam menerapkan living hadis untuk membentuk karakter religius anak usia dini di TK ABA Rejowinangun dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur yang mendalam, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah di TK ABA Rejowinangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru di TK ABA Rejowinangun sebagai pendidik, teladan, fasilitator dan motivator berperan penting dalam membentuk karakter religius anak. Strategi guru dalam menerapkan living hadis yaitu dengan secara aktif membiasakan anak membaca dan menghafal hadis yang relevan dengan tema pembelajaran. Setelahnya, anak akan mempraktikkan langsung isi hadis tersebut. Praktik ini kemudian diinternalisasi oleh anak-anak melalui proses pengamatan dan imitasi. Dalam upaya ini guru menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan waktu, kurikulum yang padat, dan variasi latar belakang anak. Namun keberhasilan ini didukung oleh beberapa faktor meliputi, dukungan kepala sekolah dan orang tua, serta lingkungan yang kondusif dan religius. Dengan demikian, penerapan living hadis yang konsisten di ajarkan guru terbukti efektif dalam membentuk karakter religius anak usia dini, yang diperoleh dari perilaku dan kebiasaan sehari-hari di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Peran Guru, Living Hadis, Karakter Religius PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Guru KW - Living Hadis KW - Karakter Religius M1 - skripsi TI - PERAN GURU DALAM MENERAPKAN LIVING HADIS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TK ABA REJOWINANGUN AV - restricted EP - 130 ER -